REVIEWLAND.COM®

Duel Smartphone 4G harga 3juta (part 5) : Lenovo VIBE P1 Turbo

smartphone-lenovop1turbo

Daftar Isi:

Part 1 : Xiaomi Redmi Note 3 Pro

Part 2 : Lenovo Vibe K4 Note

Part 3: ASUS  Zenfone 2 4GB

Part 4: Samsung Galaxy J7

Part 5: Lenovo Vibe P1 Turbo 

REVIEW
Lenovo P1 Turbo (Rp.3 juta)

Hingga detik ini, Lenovo P1 Turbo masih menyandang gelar sebagai smartphone dengan daya tahan batre paling lama di dunia. Prestasi Lenovo di bidang batre high-capacity memang sudah dikenal di bidang laptop yang kemudian dilanjutkan oleh Lenovo ke produk smartphone mereka.  

Lenovo berawal dari produsen komputer merk China bernama Legend yg didirikan pada tahun 1984 oleh ilmuwan komputer china bernama Li Chuan Zhi. Seiring waktu, perusahaan ini akhirnya didanai oleh pemerintah China, dan berubah namanya menjadi Lenovo yg setengah sahamnya adalah milik pemerintah china melalui institusi Akademi Ilmu Pengetahuan China.
Dengan dana besar tersebut, Lenbovo berhasil membeli berbagai paten teknologi batere, dan membikin lab R&D khusus untuk batere high-capacity. Oleh karena itu tidak mengherankan jika laptop dengan daya tahan batere paling lama di dunia juga buatan Lenovo

Lenovo hingga saat ini masih menyandang gelar produsen komputer terlaris #1 di dunia, dan smartphone Lenovo juga berada dalam daftar TOP5 merk smartphone terlaris di dunia dan juga di Indonesia.

smartphone-lenovop1turbo-1

Dengan didukung permodalan dana yg kuat dari pemerintah China, maka tidak mengherankan jika Lenovo akhirnya berkembang pesat dan mampu mengakuisisi berbagai merk ternama asal Amerika seperti IBM dan Motorola. Beberapa divisi perusahaan NEC Jepang juga sudah diakuisisi Lenovo, berikut hak paten nya. Lenovo terus menerus membeli hak paten dan mengakuisi berbagai perusahan teknologi amerika dan jepang sehingga sering terdengan ucapan “Siapa lagi yg akan dibeli Lenovo?”

Blackberry juga sempat akan dibeli oleh Lenovo, namun pemerintah Amerika & Kanada menolaknya dengan alasan keamanan nasional, mengingat Blackberry banyak dipakai pejabat amerika. Ini disebabkan karena Lenovo adalah perusahaan yg sebagian sahamnya milik negara China, sehingga dikhawatirkan rahasia-rahasia penting Amerika jatuh ke pemerintah China.

Konyolnya Blackberry akhirnya malah terlanjur terpuruk terlalu dalam, dan akhirnya dibeli murah secara tragis oleh perusahaan handphone lokal asal indonesia

Pemerintah China memposisikan merk Lenovo sebagai duta produk china di pasar global. Maka berbagai pendanaan besar-besaran maupun kampanye iklan dilakukan secara gencar untuk mendukung perusahaan semi-BUMN ini, karena Lenovo didapuk sebagai wakil China di pasar dunia yg harus terlihat berkelas dan bergengsi.

smartphone-lenovop1turbo-4

Lenovo selalu menyajikan wanita dalam kampanye marketing mereka

Jadi secara brand-positioning, Lenovo agak berbeda dengan Xiaomi yg fokusnya lebih pada market China dan negara dunia ketiga yg mengutamakan harga murah. Oleh karena itulah Lenovo juga banyak memprodukasi berbagai varian produk tipe highend (mahal) seperti laptop Thinkpad dan smartphone seri Vibe seperti P1 Turbo ini.

Berbeda dengan Xiaomi yg merajai di China, Lenovo justru tidak terlalu berprestasi di China karena merk ini sedari awal difokuskan untuk menguasai pasar global. Di China sendiri Lenovo hanya menempati rangking 8 smartphone terlaris.

Tapi di luar china, seperti Amerika & Eropa, penjualan Lenovo justru mengalahkan Xiaomi.

Secara global, penjualan smartphone Lenovo menempati peringkat 4 terlaris di dunia, mengalahkan Xiaomi yang menempati peringkat 5.

Di India, Lenovo bahkan menyandang gelar smartphone china terlaris di india, juga mengalahkan Xiaomi.

Sementara di Indonesia, berdasar riset IDC, Lenovo menempati rangking ke 3 terlaris, juga mengalahkan Xiaomi yg malah tidak masuk peringkat 5 besar.

smartphone-lenovoa7000se-idcrank

Penjualan smartphone Lenovo menempati rangking 4 terlaris di dunia, mengalahkan Xiaomi. (IDC, kuartal 4, 2015)

 

COCOK BAGI PETUALANG YANG JARANG PULANG

smartphone-lenovop1turbo-2days

Cocok bagi petualang cinta yang jarang pulang

Di tengah kancah persaingan berbagai jenis handphone, hanya yang memiliki keunggulan spesifik saja yang mampu bertahan.
Oleh karena itu, jika sebuah handphone speknya nyaris sama seperti yang lain, maka dia akan dilibas & dihancurkan oleh yg merknya lebih terkenal atau yang harganya lebih murah.

Lenovo P1 Turbo adalah contoh handphone yang berhasil survive berkat mengandalkan “competitive advantage” yaitu keunggulan daya tahan batre yang hingga saat ini belum terkalahkan.
Batre 5000mAH yg digendongnya mampu meladeni penggunanya hingga 2 HARI !!!
Itulah keunggulan yang membedakannya dengan yang lain.

Sebenarnya di pasaran juga ada Asus Zenfone Max yang juga dibekali batere 5000mAH, namun kinerjanya yg lambat, ukuran layar yg kecil, spek yang buruk, dan waktu charging yg sangat lama membuat handphone besutan Asus ini malah jatuh ke dalam ajang penistaan spek .

Lenovo P1 Turbo memiliki spek yang cukup bagus, layar yang lega, dan waktu chargingnya cepat, sehingga disukai oleh kalangan bisnismen, traveller, pria petualang, penggemar outbound, penggemar touring, salesman luar kota, pekerja proyek, maupun para suami-suami yang jarang pulang ke rumah.

Dengan mengandalkan P1 Turbo, mereka tidak akan khawatir jika minggat sementara dari rumah, jauh dari colokan listrik, dan tidak harus tergantung dengan powerbank. Bahkan sebaliknya, P1 Turbo malah bisa menjadi powerbank untuk mengecharge handphone lain. 

smartphone-lenovop1turbo-5 smartphone-lenovop1turbo-6

smartphone-lenovop1turbo-3

DESIGN & TAMPILAN FISIK

Lenovo P1 Turbo mengandalkan design square minimalis khas handphone kalangan bisnis.
Kesan pertama ketika memegang handphone ini adalah terasa berat karena bobotnya 189 gram (smartphone pada umumnya cuma sekitar 160 gram). Ini bisa dimaklumi karena batrenya memang berkapasitas jumbo.

Bagian belakangnya cembung, sehingga menghilangkan kesan kaku & tebal akibat menggendong batre jumbo 5000mAH. Dengan bentuk cembung alias “arc design” ini, ukuran tebalnya tersamarkan.
P1 Turbo juga berusaha tampil kekinian, dengan mengadpsi design layar thin bezel yang seolah seperti “frameless”, ini membuat tampilannya terlihat elegan.

Namun design yang cerdas tidak dibarengi dengan kualitas finishing casing yang elegan.
Sekalipun P1 Turbo menggunakan metal body, namun kualitas finishing casingnya terkesan murahan seperti handphone china yang jauh dari kesan mewah. Berbeda dengan K4 Note yang terlihat mewah secara design & bagus finishingnya meskipun malah menggunakan material plastik.

Kesan material murahan semakin jelas terlihat pada P1 Turbo warna Gold, sementara yang warna hitam kelemahan itu lebih tersamarkan. Bahkan sebaliknya, yang hitam malah terlihat lebih elegan dengan punggung berwarna silver.
Oleh karena itu sudah jelas bahwa Haram Hukumnya membeli P1 Turbo warna Gold. 

smartphone-lenovop1turbo-2

Fatwa telah ditetapkan bahwa Wajib Hukumnya memilih P1 Turbo yang warna hitam

 

PENAMPILAN MEMANG PENTING, TAPI KEPERKASAAN ADALAH SEGALANYA

Lenovo P1 Turbo memang bukan termasuk handphone yang tampilannya “waw”, tapi dalam hal stamina, dia adalah yang paling perkasa .
Ibarat pria, apalah artinya tampang keren bila ternyata loyo di ranjang.

Sebab ada tertulis bahwa “Sebaik-baiknya seorang pria, tidak ada yang lebih baik daripada pria yang perkasa di ranjang”.
Sesungguhnya, semua wanita akan meng-amini ayat itu di hati kecilnya

Begitupula handphone, apa gunanya tampilan keren dan speknya canggih bila ternyata baru diajak main beberapa jam saja sudah “low batt”

 

HARGA

Secara umum, harga Lenovo selalu lebih murah ketimbang produk sekelas besutan Samsung/Sony/LG/ASUS, namun agak lebih mahal daripada Xiaomi. Hal ini tidak mengherankan karena Lenovo diperuntukkan di pasar global, sehingga masalah biaya royalti, paten, sertifikasi, dan standardisasi harus terpenuhi semua yg menyebabkan sulit untuk menyamai Xiaomi yg terkadang curi-curi dalam hal paten/royalti.

Untuk bertarung dengan Xiaomi di kelas harga 3 juta, Lenovo membandrol harga P1 Turbo lebih mahal ketimbang Xiaomi Redmi Note 3 Pro, karena Lenovo menganggap P1 Turbo memiliki keunggulan dalam hal batre.
Memang harus diakui bahwa untuk smartphone dengan batre 5000mAH, P1 Turbo hingga detik ini masih merupakan yang paling baik speknya. Karena lawannya cuma Asus Zenfone Max yang kalah segala-galanya dan speknya bakal dinistakan habis-habisan oleh P1 Turbo.

 

KINERJA

Lenovo Vibe P1 Turbo dibekali prosesor octa-core 64-bit Qualcomm Snapdragon 616 berkecepatan 1.5Ghz dan dibekali RAM 3GB serta internal memory 32GB. Secara kinerja cukup memuaskan dan mampu menghasilkan score benchmark Antutu di kisaran 37ribuan, yang berarti jauh dibawah Redmi Note 3 Pro yg menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 650 yg scorenya mencapai 75ribu.

Score antutu P1 Turbo bahkan masih lebih rendah jika dibandingkan dengan pendahulunya yaitu K3 Note (alias A7000+) yg mampu mencetak score 43ribuan.

Meski demikian, secara real world, ketika sudah dibebani banyak aplikasi sosmed, kinerja P1 Turbo terasa lebih gegas ketimbang A7000+, karena RAM yg dimiliki P1 Turbo lebih besar yaitu 3GB, sedangkan RAM A7000+ cuma 2GB saja. Pengaruh perbedaan ukuran RAM jauh lebih terasa ketimbang perbedaan kecepatan prosesor.

Manajemen memory P1 Turbo juga sangat bagus. Dari pengujian dengan membuka banyak aplikasi yg rakus memory seperti Facebook, BBM group, WhatsApp group, dan browser Opera, terlihat bahwa sisa RAM masih berkisar 1.6GB (dari total 3GB) 

Secara kecepatan prosesor, score benchmark antutu yg dihasilkan P1 Turbo bisa dibilang setara Samsung Galaxy J7 yg juga menghasilkan score Antutu di kisaran 37ribuan. Meski demikian, dalam pemakaian sehari-hari, Galaxy J7 akan terasa sangat lambat karena RAM yg cuma 1,5GB saja. Padahal harga Samsung Galaxy J7 jauh lebih mahal daripada Lenovo P1 Turbo.

Prosesor Grafis (GPU) pada P1 Turbo menggunakan Adreno 405 yang cukup mumpuni untuk menjalankan game-game 3D yg berat pada resolusi Full HD.
Hasil benchmark gaming 3DMark Ice Storm Unlimited mencatatkan score 7930 yang berarti mengalahkan Galaxy J7 yg cuma di kisaran 7000, dan juga mengalahkan Lenovo K4 Note yang cuma menghasilkan score 6860.
Kalangan gamer tentu akan sangat menyukai kinerja bagus yang dibarengi dengan daya tahan extra dari batre P1 Turbo, karena game adalah aplikasi yang paling menguras batere sebuah handphone

 

LAYAR

Berbeda dengan Samsung Galaxy J7 yg layarnya belum Full HD, yaitu cuma resolusi 1280×720, Lenovo Vibe P1 Turbo sudah menggunakan layar Full HD (1920×1080) berukuran 5.5″.

Jenis panel LCD yg digunakan pada layar P1 Turbo adalah tipe panel IPS seperti yg digunakan pada iPhone, sehingga menghasilkan kecerahan dan kontras warna yg bagus dan natural. Tidak seperti layar AMOLED pada Galaxy J7 yg warnanya terkesan tidak natural dan terlalu kontras.

Berbeda dengan pendahunya yaitu A7000+ (K3 Note) yg layarnya belum berjenis Gorilla Glass, Lenovo P1 Turbo sudah menggunakan layar anti-gores Corning Gorilla Glass 3, sama seperi K4 Note.

Layar P1 Turbo memiliki design thin bezel dan layarnya bahkan terlihat seperti “frameless” alias tanpa frame & mepet ke pinggir body. Namun sesungguhnya framenya masih ada, dan tersamarkan karena berwarna hitam. Apabila layar dalam kondisi menyala dengan warna terang, maka akan terlihat adanya frame hitam tersebut. Ini merupakan trik design yg cerdas dari Lenovo, dan juga sering dilakukan banyak produsen smartphone lainnya untuk menciptakan kesan “frameless”.

smartphone-lenovop1turbo-bezel

Lenovo P1 Turbo memiliki fitur Auto-Brightness yg akan menyesuaikan kecerahan layar dari kondisi pencahayaan sekitar. Fitur semacam ini tidak ada pada Galaxy J7 yg lebih mahal.

Fitur lain yg sangat bermanfaat pada Lenovo P1 Turbo adalah “Knock to Light” alias “Double Tap to Wake” yg bisa membangunkan smartphone dari kondisi standby dengan cara men-tap layar 2x. Ini adalah fitur yg sangat berguna karena bisa mengurangi penggunaan tombol power untuk meyalakan layar yang sering menjadi penyebab rusaknya tombol power. Silahkan anda tanya ke tukang servis handphone betapa banyak kasus handphone yg rusak tombol powernya karena keseringan digunakan untuk menyalakan layar. Dan mungkin bahkan anda sendiri pernah mengalaminya.

Salah satu keunggulan yang sangat disukai pengguna Lenovo adalah penggunaan user interface (UI) ala iPhone, yaitu semua aplikasi langsung muncul di home screen, jadi tidak lagi menggunakan sistem “apps drawer” standard Google yg cenderung membingungkan dengan berbagai shortcut aplikasi di home screen yg merupakan duplikasi dari aplikasi di apps drawer. UI ala iPhone ini tidak dimiliki smartphone Samsung, ASUS, Sony, LG, dan lain sebagainya

Bagi  yg merasa lebih suka dengan UI standard google, anda bisa merubahnya di menu homescreen. Lenovo P1 Turbo menyediakan menu untuk memilih 2 jenis UI, yaitu UI standards google (dengan app drawer) dan VIBE UI khas Lenovo yg mirip UI iPhone.

 

CAMERA

Lenovo P1 Turbo dibekali kamera belakang 13MP dan kamera belakang 5MP. Kamera yg digunakan Lenovo termasuk cukup bagus tapi bukan yang terbaik.
Tidak seperti Lenovo K4 Note yang menggunakan sensor kamera bikinan Samsung, Lenovo P1 Turbo menggunakan modul sensor buatan Omnivision dengan lensa ber-diafragma F2.2 yang cukup memumpuni untuk memotret di kondisi kurang cahaya, meski demikian hasilnya tidak sebaik kamera K4 Note.

Tampaknya P1 Turbo mengikuti jejak K3 Note yang juga menggunakan sensor kamera buatan Omnivison.
Meskipun Omnivision adalah perusahaan Amerika, namun namanya masih kalah tenar dibanding Samsung dan Sony di bidang sensor kamera smartphone.

Kamera belakang P1 Turbo dibekali flash dual-tone yang mampu memberikan pencahayaan natural bila memotret menggunakan flash.

Sekalipun kamera P1 Turbo dan A7000+ sama-sama menggunakan sensor buatan Omnivision, namun kamera P1 Turbo sudah dibekali fitur Phase Detect AF, sehingga kecepatan fokus pemotretannya akan lebih baik ketimbang handphone yg kameranya tidak dibekali PDAF.

smartphone-lenovop1turbo-camera

Aplikasi camera P1 Turbo  juga dibekali fitur berguna seperti HDR, selain itu kamera depannya dibekali fitur selfie yg sangat berguna yaitu “Beautify” yg memperhalus wajah. Selain itu juga ada fitur “auto trigger” yg bisa dipicu dengan timer/senyuman/simbol jari, dll.

Meskipun kamera depan P1 Turbo tidak dibekali flash, namun ada fitur “Fill Light” yang menjadikan layar LCD sebagai pencahayaan untuk menerangi wajah selayaknya fungsi flash. Ini adalah fitur yg ditiru oleh Lenovo dari iPhone yg juga menggunakan cara serupa karena kamera depannya tidak dibekali flash.

Fitur unik lainnya pada camera adalah “Quick Snap” yaitu untuk memotret secara diam-diam dengan menekan tombol volume dalam posisi layar mati. Ini sangat berguna bagi kaum voyeur maupun orang yg mau memotret lawan berbicaranya tanpa ketahuan karena kondisi layar smartphone seolah mati.

Selain itu kita dapat menjadikan tombol volume sebagai tombol shutter camera. Ini juga merupakan fitur penting yang kadang tidak ada di beberapa smartphone

 

 

SLOT SIM & MEMORY CARD

Berbeda dengan kebanyakan handphone yg lokasi slot sim/memorynya ditutup oleh back cover belakang ataupun ada juga yg berada di samping, Lenovo P1 Turbo berusaha tampil beda dalam hal ini.

Untuk mengkases slot sim & memory anda harus melepas panel di bagian atas handphone.
Setelah membuka panel tersebut, anda bisa mengakses kedua slot SIM pada Lenovo P1 Turbo. Kedua slot SIM card pada Lenovo P1 Turbo mendukung 4G semuanya.

Dengan adanya dukungan 4G pada kedua slot SIM card, maka bila anda ingin menikmati paket internet dari dua operator 4G yg berbeda, anda cukup merubah setting SIM card yg akan dipakai internet dari menu, tanpa harus repot harus memindah-mindah sim card.

Ini keunggulan yg sangat bermanfaat, mengingat mayoritas smartphone hanya mendukung 4G pada slot SIM1 saja, salah satu contohnya adalah ASUS Zenfone 2 (ZE550ML) yg hanya mendukung 4G di slot SIM1 saja.

Lenovo P1 Turbo memiliki slot memory card tersendiri (dedicated) yg mampu mendukung microsd card hingga 128GB. sehingga anda tetap dapat menggunakan memory card dan dual sim terpasang sekaligus. Adanya slot memory card tersendiri ini hanya akan menjadi mimpi basah bagi para pengguna Xiaomi Redmi Note 3 Pro yg slot memory cardnya harus bergantian dengan slot SIM2, sehingga fans Xiaomi harus memilih apakah mau menggunakan dual sim atau memory card.

smartphone-lenovop1turbo-slot

Cocok bagi pengguna dual SIM, karena memiliki slot memory card tersendiri (bukan hybrid)

Tidak hanya itu saja, Lenovo P1 Turbo juga memiliki fitur unik yg mampu menjadikan memory card sebagai internal storage memory, sehingga anda mustahil kehabisan memory ketika mendownload berbagai aplikasi/game. Mayoritas smartphone android tidak mampu menjadikan external memory card sebagai internal storage memory, sehingga berapapun besarnya memory card yg digunakan, tetap saja akan kehabisan memory karena aplikasi/game biasanya akan menggunakan internal storage memory, bukan external memory card. Sedangkan pada Lenovo P1 Turbo masalah semacam itu tidak ada.

Keunggulan ini akan dibahas lebih lengkap di bagian akhir review.

 

 

USB PORT

Lokasi USB Port pada Lenovo P1 Turbo terletak di bagian bawah seperti kebanyakan smartphone pada umumnya.

Smartphone ini sudah mendukung USB OTG, jadi anda bisa menancapkan flashdisk untuk membaca maupun mentransfer file dari/ke smartphone anda.

USB OTG adalah fitur penting bagi pebisnis yg sering bertukar file bisnis dengan koleganya. USB OTG bahkan merupakan fitur wajib bagi para maniak movie yg sering berbarter koleksi film dengan komunitasnya ketika kopi darat.

Namun yang patut dipuji adalah Lenovo menyertakan kabel USB OTG dalam paket penjualan P1 Turbo. Ini sesuatu yg luar biasa karena sangat jarang ada handphone yang menyertakan bonus seperti ini.

 

BATERE

Kapasitas batre yg super besar (5000mAH) merupakan keunggulan utama sekaligus nilai jual utama dari Lenovo P1 Turbo. Dengan berbekal batre tanam (non-removable) sebesar 5000mAH, membuat P1 Turbo PRO mampu bertahan 2 hari untuk pemakaian normal.
Dari pengujian daya tahan batere menggunakan aplikasi benchmark PCMark Battery Test, terlihat bahwa P1 Turbo mampu bertahan hingga 13,5 jam. Jauh lebih lama dibandang kebanyakan handpdone yang cuma bertahan sekitar 7 jam saja dengan pengujian yang sama. Ini artinya ketahan batere P1 Turbo 2X lebih lama ketimbang handphone pada umumnya. 

P1 Turbo juga dibekali fitur Fast Charging untuk mempersingkat waktu pengisian batre. Ini merupakan fitur penting mengingat batre P1 Turbo berkapasitas besar dan akan membutuhkan waktu lama jika tidak ada fitur quick charging.
Fitur Fast Charging pada P1 Turbo menggunakan teknologi Quick Charge 2.0 yang dikembangkan oleh Qualcomm dan merupakan fitur bawaan dari Qualcomm Snapdragon 616. Sebenarnya Snapdragon 616 mendukung fitur fastcharging hingga Quick Charge 3.0, namun Lenovo hanya membayar lisensi teknologi sampai Quick Charge 2.0 saja untuk menekan harga jual P1 Turbo agar tidak terlalu mahal.

smartphone-lenovop1turbo-battery

Qualcomm mengklaim fitur Quick Charge ini mampu mempercepat proses charging batre untuk mencapai 75% dalam waktu cuma 30 menit, namun dengan syarat harus digunakan charger khusus yang mendukung Fast Charging dengan daya diatas 3A. Padahal charger bawaan P1 Turbo adalah charger standard 2A biasa, sehingga kecepatan chargingnya tentu tidak akan sefantastis itu, sekalipun juga termasuk cepat jika dibandingkan dengan smartphone yang tidak dibekali fitur fast charging

Dengan adanya fitur fast charging, hanya diperlukan waktu sekitar 2 jam untuk mengisi penuh batre 5000mAH dari kosong hingga penuh. Tidak terlalu jauh beda dengan waktu yg diperlukan mengisi penuh batre 2500mAH tanpa fast charging.

Dari pengujian menggunakan charger khusus Quick Charging yg harganya berkisar 350ribu, terbukti mampu memangkas waktu charge secara fantastis, yaitu hanya membutuhkan waktu sekitar 75 menit saja untuk mengisi penuh batre P1 Turbo dari kondisi kosong hingga penuh 100%.

P1 Turbo dengan batre 5000mAH ini merupakan pilihan yg jauh lebih baik ketimbang ASUS Zenfone Max yg dibekali batre 5000mAH tapi prosesornya lemot, fiturnya tidak komplit, dan tidak mendukung fitur fast charging.

 

 

TOMBOL NAVIGASI

Lenovo P1 Turbo menggunakan tombol fisik untuk Home (seperti Samsung), dan tombol capacitive untuk Recent & Back. Tombol capacitivenya  dilengkapi cahaya backlight warna putih sehingga memudahkan kita untuk menggunakannya ketika di tempat gelap.

Adanya backlight di tombol navigasi terkesan sepele namun penting demi kenyamanan menggunakan smartphone.
Ironisnya tidak banyak handphone di kelas 3 jutaan yg memiliki backlight di tombol navigasinya, Samsung Galaxy J7 dan Lenovo K4 Note adalah salah satu contoh handphone yg tidak menggunakan tombol backlight.

Tombol fisik Home pada P1 Turbo juga berfungsi sebagai sensor Fingerprint 

 

GPS & GLONASS

Lenovo P1 Turbo dibekali fitur GPS yang komplit, yaitu mendukung A-GPS dan juga GLONASS yg merupakan teknologi satelit Rusia. Keunggulan ini menjadikan GPS pada P1 Turbo mampu me-lock lebih cepat ketimbang kompetitornya maupun saudaranya (Lenovo K4 Note) yg tidak dibekali GLONASS

GLONASS adalah teknologi GPS yang menggunakan satelit Rusia. Dalam bahasa Rusia, GLONASS adalah singkatan dari “Globalnaya Navigazionnaya Sputnikovaya Sistema” alias “Global Navigation Satellite System”.

smartphone-lenovop1turbo-glonass

GLONASS adalah teknologi GPS dari Russia yg populer di smartphone kelas atas. Smartphone yg GPS nya mendukung GLONASS akan lebih cepat & akurat
Perangkat GPS dan Smartphone yg GPS-nya mendukung fitur GLONASS akan lebih cepat menemukan (locking) satelit navigasi dan lebih akurat juga. Hal ini disebabkan karena dari sekitar 55 buah satelit navigasi yg mengitari planet bumi , 50% adalah satelit milik negara Rusia yg hanya bisa diakses dengan perangkat GPS yang mensupport GLONASS.

Teknologi GLONASS ini sangat gencar dipromosikan oleh presiden Vladimir Putin kepada dunia, dan akhirnya diadopsi oleh banyak produsen smartphone. Selain itu GLONASS juga dipakai untuk keperluan militer Rusia (Semua tentara Rusia dibekali perangkat GLONASS di badannya). Oleh karena itu Rusia sangat sering mengupdate teknologi GLONASS nya dengan meluncurkan berbagai satelit GLONASS baru ke luar angkasa setiap tahunnya.

 

DUKUNGAN BANDWITH FREKUENSI 4G

Pilihan frekuensi 4G yang disupport Lenovo P1 Turbo agak terbatas, yaitu 800/1800/2100/2600. Lenovo P1 Turbo tidak mendukung frekuensi 900Mhz yang masih digunakan Telkomsel di beberapa kota, sedangkan operator 4G lainnya bisa digunakan pada handphone ini (karena menggunakan frekuensi 1800Mhz).
Operator Smartfren 4G menggunakan 2 frekuensi yaitu 800MHz dan 1900MHZ. Lenovo P1 Turbo hanya mendukung jaringan Smartfren 4G di frekuensi 800MHz saja.
Kartu Bolt juga bisa dipakai di Lenovo P1 Turbo, karena menggunakan frekuensi 2100MHz yang didukung oleh handphone ini.

Seperti telah dikeluhkan beberapa pengguna, di kota tertentu Telkomsel adalah masih menggunakan 4G frekuensi 900Mhz yg kuno dan jarang disupport banyak handset. Meskid emikian Telkomsel sudah mulai bermigrasi ke 1800Mhz. 

Jadi bila anda adalah pengguna Telkomsel dan berada di area dimana Telkomselnya masih menggunakan frekuensi 4G 900Mhz, atau anda adalah pengguna Smartfren 4G di wilayah yang menggunakan frekuensi 4G 1900MHz, maka Lenovo P1 Turbo tidak disarankan untuk menjadi pilihan. Namun dengan seiring waktu makin banyak operator 4G migrasi dari 900Mhz ke 1800Mhz, maka absennya dukungan frekuensi 900Mhz bukan lagi kelemahan Lenovo P1 Turbo.

 

6 FITUR UNGGULAN LAINNYA

Lenovo P1 Turbo sering disebut sebagai smartphone dengan fitur komplit yang memiliki batre paling awet di dunia.

Berikut ini 6 fitur unggulan P1 Turbo :

1. Fingerprint scanner

Keunggulan lain yang ada pada Lenovo P1 Turbo adalah adanya fingerprint scanner yang lokasinya di tombol fisik Home. Kompetitor di kelas harganya yg dibekali fingerprint scanner hanya Xiaomi Redmi Note 3 Pro saja. Sementara Samsung Galaxy J7 maupun ASUS Zenfone 2 tidak memiliki fitur Fingerprint scanner

Dengan adanya fingerprint scanner anda bisa meng-unlock smartphone cukup dengan hanya menempelkan jari anda. Tidak hanya itu saja, finger print scanner ini juga bisa difungsikan untuk mendukung fitur security seperti mengunci aplikasi dan mengakses hidden folder. Selain itu fingerprint  scanner di bagian belakang  juga bisa difungsikan sebagai tombol camera untuk pemotretan selfie dengan camera depan maupun camera belakang. Namun penggunaan fingerprint scanner sebagai tombol camera ini hanya berfungsi pada aplikasi camera bawaan Lenovo saja. 

Fingerprint scanner pada Lenovo P1 Turbo juga dapat melakukan fungsi “Black Screen Unlock” yg dapat menggantikan fungsi Tap to Wake untuk membangunkan smartphone dari kondisi standby. Namun sebenarnya penggunaan Finger Print Scanner yg posisinya dibelakang ini tetap tidak bisa menggantikan kenyamanan fitur Tap to Wake pada layar. Karena ketika smartphone diletakkan diatas meja, sungguh merepotkan jika anda harus mengangkatnya dulu agar bisamenyentuh finger print scanner. Oeh karena itu pada P1 Turbo lebih baik menggunakan fitur Tap to Wake, sehingga anda cukup menyentuh layarnya saja untuk mengecek status misalnya, tanpa harus mengangkat smartphone dari meja.

smartphone-lenovop1turbo-spec

Fingerprint ada pada tombol Home.
Sekalipun lubang grill ada 2, namun hanya yang sebelah kanan yang merupakan speaker

 

2. Tombol Power Saving

Ada satu fitur unik yang ada pada P1 Turbo, yaitu tombol switch Power Saving alias penghemat batre pada sisi sebalh kiri.
Bila tombol ini digunakan, maka handphone akan masuk ke mode power saving dimana handphone cuma bisa untuk tepon & sms saja, yang tentunya akan membuat P1 Turbo mampu standby hingga nyaris sebulan (25 hari) .

Sebenarnya mengingat kapasitas batre yang super jumbo, adanya fitur semacam ini tidaklah terlalu penting bagi pengguna secara umum yang justru mengandalkan internet. Tapi lain halnya bagi pria petualang ataupun penggemar touring yang sering berada di jalan hingga berhari-hari, maka adanya tombol ini akan terasa berguna. Karena ketika sedang berkendara di jalan, dapat dengan mudah mengaktifkan tombol power saving tanpa harus ribet masuk ke dalam menu. 

smartphone-lenovop1turbo-powersaving

 

3 . Virtual Reality 3D

Kompatibilitas dengan kacamata 3D Virtual Reality juga merupakan fitur unggulan dari Lenovo P1 Turbo yg tidak ada pada handphone Samsung Galaxy J7. Berbeda dengan mayoritas handphone yang seringkali tidak dilengkapi fitur gyroscope, magnetometer, dan accelerometer yang lengkap, Lenovo P1 Turbo memiliki fitur ini secara lengkap. Oleh karena itu P1 Turbo mampu digunakan sebagai perangkat 3D Virtual Reality, dengan menggunakan asesoris kacamata VR seharga 200 ribuan ataupun kacamata Google cardboard yang gratisan.
Sementara itu pengguna Samsung Galaxy J7 versi 2016 pun hanya bisa iri dan termanggu melihat teman-temannya yang tertawa-tawa menikmati kacamata VR dengan Lenovo A7000+

smartphone-lenovop1turbo-vr

 

4. Internet Speed Indicator

Fitur penting yang ada pada Lenovo P1 Turbo adalah adanya Internet Speed Indicator di status bar yang menampilkan kecepatan koneksi internet. Ini sangat penting untuk mengetahui kualitas koneksi internet secara real-time. Jadi ketika terjadi kelemotan anda bisa menmgetahui sebabnya karena jaringan atau sebab lain.

 

5. Fitur NFC 

Salah satu keunggulan telak yg dimiliki Lenovo P1 Turboe dibanding Xiaomi adalah fitur NFC (Near Field Communication) yg memungkinkan konektivitas wireless tanpai pairing dengan berbagai perangkat wireless lain,  maupun konektivitas dengan kartu pembayaran pembayaran elektronik (misal BCA Flazz, Mandiri e-money)

Cukup dengan menempelkan kartu BCA Flazz ke layar P1 Turbo, anda bisa mengetahui saldo yg tersisa pada kartu BCA Flazz anda.
Pemilik Xiaomi Redmi Note 3 Pro maupun Redmi Note 4 hanya bisa iri ketika melihat pengguna P1 Turbo mampu “membaca” kartu ATM BCA Flazz mereka.  

Diluar negeri, smartphone yg mendukung NFC seperti P1 Turbo ini bisa digunakan sebagai alat pembayaran juga (dengan cara mendekatkan smartphone ke NFC scanner di kasir)

smartphone-lenovop1turbo-nfc

 

6. Fitur Memory Swap (pilihan default write disk)

Sesungguhnya keunggulan utama P1 Turbo adalah adanya fitur “memory swap” yang sangat berguna dan justru sangat jarang ada di smartphone lain.

Fitur “Memory Swap” ini memungkinkan kita untuk menjadikan memory card external sebagai internal storage, sehingga kita bisa memperoleh kapasitas storage efektif yang nyaris unlimited.

Ini merupakan keunggulan yang sangat bermanfaat karena mayoritas aplikasi Android tidak bisa menggunakan memory card external, dan hanya bisa menggunakan internal storage saja yang ukurannya tentu terbatas.

Pengguna Samsung dan handphone merk lain seringkali mengeluhkan munculnya pesan “insufficient storage” (kehabisan memory storage) ketika menginstall aplikasi/game, padahal sudah dipasangi memory card berukuran besar. Ini paling sering terjadi ketika menginstall aplikasi game yg berkuran besar (2GB). Sekalipun sudah dilakukan pemindahan aplikasi dari internal storage ke memory card dengan fungsi “Move to SD card”, tapi tetap saja file yg berukuran besar tidak mau pindah ke memory card.

Dengan kata lain, kapasitas memory untuk aplikasi dan game tetap hanya akan mengandalkan internal storage yg umumnya cuma 16gb itu, karena memory card hanya bisa untuk menyimpan file gambar, foto, video, dan multimedia lainnya saja. Jadi jangan harap membeli memory card tambahan akan bisa menyembuhkan problem “not enough memory” ketika men-download aplikasi & game dari Playstore. Problem itu akan tetap ada sebesar apapun memory card yg anda pasang.

Kekurangan semacam ini tidak terjadi pada Lenovo P1 Turbo karena dibekali fitur swap memory yang membuat download aplikasi & game seolah tanpa batas, tergantung kapasitas memory card yg dipasang. Jadi bagi yg doyan mendownload & menjajali semua aplikasi & game di playstore jelas pilihan yang tepat adalah Lenovo P1 Turbo.

Dari pengujian menggunakan memory card V-Gen 128GB Turbo Class 10 yg dipasangkan pada Lenovo P1 Turbo, terlihat bahwa semua program di Lenovo P1 Turbo mengira bahwa memory card 128gb itulah internal storagenya. Jadi memory card 128gb kini dianggap sebagai internal storage, sedangkan internal storage aslinya yg cuma sebesar 32gb jadi dianggap sebagai sdcard secondary.

Dengan kondisi memory internal yg kini jadi 128gb, saya bisa menginstal berbagai aplikasi game yg ukurannya besar2 tanpa khawatir kehabisan memory. Game-game bagus umumnya berukuran 1GB-2GB, seperti Mortal Kombat X, Godfire, WWE Immortal, Gangstar 4, Dungeon Hunter 5, FIFA15, NOVA3, Modern Combat5, Asphalt 8, NFS Most Wanted, UFC, Grand Theft Auto, GT Racing 2, Real Racing 3, Thor, Iron Man 3, Batman, dll.

Bila anda menggunakan smartphone Samsung, ASUS, Xiaomi, Sony, dll, mustahil anda bisa menginstall sedemikian banyak game di smartphone tersebut karena internal storagenya bawaan smartphone umumnya cuma berkisar 8GB-32GB saja. Dengan asumsi anda menginstal 6 game saja sudah tidak cukup bila internal storagenya cuma 16gb, belum aplikasi lainnya. Betapa besar memory card yg dipasang tidak akan bisa menambah ukuran memory internal pada smartphone tersebut.

Sedangkan dengan smartphone Lenovo yg dipasangi memory card 128gb, anda bebas mendownload dan mencoba berbagai macam aplikasi dan game yg ada di playstore tanpa kekhawatiran kehabisan memory.

Harap juga diingat bahwa aplikasi seperti WhatsApp, LINE, BBM akan selalu menyimpan file multimedia secara otomatis di internal storage, jadi ini akan menjadi masalah pada smartphone yg tidak memiliki fitur “memory swap”

Keunggulan inilah yg biasanya menjadi alasan utama orang memilih smartphone Lenovo. Sekalipun harga Xiaomi memang agak lebih murah daripada Lenovo , tapi Xiaomi tidak memiliki fitur “memory swap” yg justru sangat berguna ini.

KELEMAHAN LAINNYA

Pada masa awal peluncuran Lenovo P1 Turbo, firmwarenya mengandung bug yang menyebabkan loading contact phone lama. Namun masalah ini sudah diperbaiki melalui update firmware.

Secara overall, Lenovo P1 Turbo tidak memiliki kelemahan yg fatal kecuali prosesor yang memang tidak sekencang yang dimiliki Xiaomi Redmi Note 3 Pro. Namun itu juga bukan berarti kinerja P1 Turbo lambat, terutama jika melihat bahwa di kelas smartphone dengan batre 5000mAH, Lenovo P1 Turbo termasuk yang cukup kencang, karena saingannya cuma Asus Zenfone Max yang kinerjanya sangat loyo dan batre Zenfone Max yg 5000mAh itu chargingnya lama sekali karena belum mendukung fast charging.

 

 

MENGAPA LENOVO BISA SUKSES MENJADI PERUSAHAAN GLOBAL

Sebagai perusahaan asal China, kiprah Lenovo tergolong luar biasa karena mampu berprestasi di pasar global dan bahkan mengakuisisi perusahaan Amerika ternama seperti IBM dan Motorola. Sementara perusahaan asal china seperti Xiaomi yang cukup berprestasi di negaranya bahkan masih kesulitan menaklukkan pasar smartphone di Amerika.

Lenovo saat ini menyandang gelar produsen komputer terlaris #1 di dunia dan produsen smartphone terlaris #4 di dunia, sebuah prestasi yg jarang bisa diraih oleh perusahaan asal China.

Kesuksesan Lenovo tidak lain berkat koneksi dan kepiawaian dari pendiri Lenovo, yaitu Li Chuan Zhi yg tidak lain adalah seorang ilmuwan yg terlahir dari keluarga tokoh kapitalis di China. Sebagai keturunan kaum kapitalis China, Li Chuan Zhi mengimplementasikan konsep-konsep kapitalisme di negara China yang berfaham komunis.

Berbeda dengan kebanyakan perusahaan China yg memiliki paradigma nasionalis-komunis dan chinese-oriented (seperti Xiaomi), Li Chuan Zhi justru memposisikan Lenovo lebih “American-oriented” dan diposisikan sebagai brand global.

Dengan kata lain, bila China cenderung memiliki image komunis yg anti faham barat, Lenovo justru dibikin supaya memiliki image kebarat-baratan.

Li Chuan Zhi adalah ilmuwan-pengusaha berfaham kapitalis tulen dan memiliki pemikiran ala barat, oleh karena itu ambisi untuk mengakuisisi perusahaan Amerika masuk dalam agenda utamanya. Bahkan Lenovo rela membuat 2 kantor utama, di China dan Amerika, untuk membuat image bahwa Lenovo adalah merk Amerika.

smartphone-lenovoa7000se-hq

Jadi falsafah & ideologi  yang dianut Li Chuan Zhi (pendiri Lenovo) adalah kapitalisme barat, yang tentu saja berbeda jauh dengan Lei Jun (pendiri Xiaomi) yang mengusung komunisme dan nasionalisme China.

Banyak analis marketing menyatakan bahwa Xiaomi akan gagal di pasar Amerika dengan image komunisme dan chinese-oriented nya, dan memang selama ini Xiaomi hanya laku keras di China, India dan Brazil saja (sekalipun di India dan Brazil juga tidak masuk 5 besar). Sementara kesuksesan Lenovo di pasar global maupun Amerika, selama ini lebih dikarenakan karena konsep kapitalisme & American-minded yang diusung oleh Lenovo.

Konsep-konsep kapitalisme Li Chuan Zhi banyak dikagumi dunia bisnis internasional, yg membuat dia banyak meraih penghargaan dan sering menjadi pembicara di banyak forum seminar enterpreneurship skala global.

Li Chuan Zhi bahkan menjadi orang cina pertama yg dinobatkan & diberkati oleh Amerika, sebagai Duta hubungan Amerika-China.

Induk perusahaan Lenovo, yaitu Legend Holdings yang juga didirikan oleh Li Chuan Zhi juga bergerak di banyak sektor perekonomian, yaitu: property, real-estate, finansial, agrikultur, dan produk makanan.

smartphone-lenovoa7000se-lichuanzhi

Li Chuan Zhi adalah ilmuwan-pengusaha China berfaham kapitalis yang diberkati Amerika, dan dinobatkan sebagai duta relasi US-China

MENGAPA LENOVO MAMPU MENGAKUISISI BANYAK PERUSAHAAN GLOBAL

Banyak orang bertanya-tanya darimana Lenovo memiliki begitu banyak uang untuk mengakuisisi banyak perusahaan global, mulai dari divisi NEC, hingga perusahaan papan atas Amerika seperti IBM dan Motorola.

Dalam hal kekuatan finansial, perlu diingat bahwa sebagian saham Lenovo dimiliki oleh pemerintah China (melalui institusi Chinese Academy of Science), sehingga kekuatan finansial Lenovo tidak perlu diragukan karena negara China kondisi keuangannya kelebihan likuiditas alias kelebihan uang untuk diinvestasikan.

Namun yang juga menjadi pertanyaan adalah mengapa Amerika merelakan perusahaan seperti IBM dan Motorola jatuh ke tangan asing. Bahkan departemen keamanan nasional Amerika (NSA) yg semula melarang penjualan IBM dan Motorola ke Lenovo akhirnya takluk & merestui perpindahan kepemilikan tersebut ke tangan Lenovo.

Lenovo diberkati oleh Amerika karena bersimpuh pada dewa-dewa kapitalis Yahudi

Salah satu faktor utama mengapa Lenovo mampu menaklukkan pemain penting di Amerika adalah karena Li Chuan Zhi rela bersimpuh pada dewa-dewa kapitalis Yahudi yaitu Goldman Sachs yg digandeng menjadi konsultan finansial Lenovo sekaligus partner joint-venture dari Legend Holdings (induk perusahaan Lenovo) milik Li Chuan Zhi

smartphone-lenovoa7000se-goldmansachs

Goldman Sachs adalah perusahaan investasi finansial yg didirikan oleh orang Yahudi bernama Marcus Goldman, yang termasuk salah satu dari dewa-dewa finansial Yahudi seperti Rothschild, Rockefeller, Soros.

Di Amerika sendiri, pejabat-pejabat Goldman Sachs banyak yang akhirnya menjadi menteri keuangan Amerika atau menjabat posisi penting kenegaraan lainnya. Ini salah satu bukti campur tangan dewa-dewa finansial Yahudi dalam politik negara Amerika

Sebagai perusahaan Amerika milik orang Yahudi, maka tidak mengherankan juga jika Goldman Sachs adalah perusahaan pendukung negara Israel yang tergabung dalam Jewish National Fund.

Goldman Sachs bahkan sempat dikritik karena mendanai invasi Israel di Hebron. Namun kritik tersebut tentu tidak digubris karena semua perusahaan milik Yahudi memang pasti akan selalu mendukung Israel, karena itu sudah menjadi komitmen dan tradisi mereka.

smartphone-lenovoa7000se-israel

Jadi salah satu sebab mengapa Lenovo berhasil merebut hati para dewa-dewa kapitalis Yahudi adalah karena Li Chuan Zhi mau berkongsi untuk mendirikan Goldman Sachs di China.

Induk perusahaan Lenovo (Legend Holdings) melakukan joint venture dengan Goldman Sachs, dan Li Chuan Zhi menempatkan cucu perempuannya (Li Qing) yg lulusan Harvard sebagai salah satu pejabat penting di Goldman Sachs Asia. Inilah yang membuat hubungan Lenovo dan Goldman Sachs makin erat & kental, dan membuat Lenovo semakin diberkati oleh lembaga finansial milik dewa-dewa kapitalis Yahudi

smartphone-lenovoa7000se-liuqing

Relasi kekeluargaan Lenovo-Goldman Sachs:  Li Chuan Zhi menempatkan Li Qing, cucu perempuannya, sebagai pejabat penting di Goldman Sachs

Hubungan Lenovo yg mesra dengan dewa-dewa kapitalis Yahudi inilah yg membuat Lenovo akhirnya  “diberkati” , “diurapi”, dan “direstui” untuk menguasai pasar Amerika dan pasar Dunia.

Sebab ada pepatah:

“Barangsiapa bersimpuh pada dewa-dewa kapitalis Yahudi, maka kepadanya akan diberikan kunci pintu surga dunia”.

LENOVO P1 TURBO MENDAPAT PELUANG  KARENA XIAOMI DIBLOKIR SINYAL 4G NYA

Sebenarnya Xiaomi Redmi Note 3 Pro merupakan pesaing kuat bagi Lenovo P1 Turbo, karena harganya lebih murah dan prosesornya juga lebih kencang.

Namun akibat Xiaomi enggan mengurus perijinan & menolak membayar pajak kepada pemerintah Indonesia, maka Xiaomi akhirnya dihukum, sehingga banyak produknya (termasuk Redmi Note 3 Pro) yg tidak akan bisa aktif sinyal 4G nya ketika dioperasikan di Indonesia.
Redmi Note 3 Pro dengan ROM bawaan biasanya masih bisa 4G, tapi begitu diupdate ke versi terbaru dengan ROM resmi, akan langsung diblokir 4G nya

Diblokirnya sinyal 4G pada Xiaomi ini adalah musibah fatal yg membuat pembeli Redmi Note 3 Pro menangis meraung-raung karena smartphone mereka kembali ke era jaman purba yg hanya mengandalkan sinyal 3G.

Fatalnya lagi, kebanyakan operator justru memberi kuota internet extra hanya pada mode 4G saja, sehingga tulah yg ditimpakan oleh pemerintah Indonesia terhadap Xiaomi ini menjadi bencana maha-besar pagi penggunanya.

Sebelum terjadinya pemblokiran ini, semula pemerintah rutin melakukan razia terhadap distribusi smartphone Xiaomi yg beredar di pasar gelap. Yaitu smartpone Xiaomi yg di-import secara tidak resmi alias tidak bayar pajak & bea masuk.
Meskipun razia tersebut berhasil membuat pedagang ketakutan menjual Xiaomi ilegal, namun upaya tersebut tidak efektif mengingat banyaknya oknum yg membekingi import ilegal smartphone Xiaomi. Oleh karena itu akhirnya pemerintah memilih cara yg dianggap lebh efektif yaitu pemblokiran sinyal 4G secara sistem terhadap Xiaomi ilegal.

Kebijakan yg dilakukan oleh pemerintah Indonesia terhadap Xiaomi ini tidaklah salah, karena suatu penguasa sangat boleh & sangat berhak untuk menimpakan tulah & penghukuman bagi pendosa yg tidak mau membayar pajak atau tidak mau mengikuti aturan main untuk membuka perwakilan/pabrik resmi di negaranya.

Disaat Samsung dan Lenovo rela membangun pabrik di Indonesia sebagai bentuk kontribusi kepada NKRI dan penyediaan lapangan kerja bagi rakyat Indonesia, Xiaomi sepertinya bersikap pelit dan tidak mau membayar pajak perijinan 4G di Indonesia. Kalau membayar perijinan saja tidak mau, apalagi membangun pabrik di Indonesia seperti Samsung & Lenovo, tentu mustahil.

Oleh karena itu memang sudah layak dan sepantasnya pemerintah Indonesia menimpakan tulah & penghukuman terhadap Xiaomi sang pendosa, dengan melumpuhkan sinyal 4G pada beberapa produk mereka.

Adanya kejadian seperti ini tentu saja dimanfaatkan oleh Lenovo untuk meningkatkan penjualan P1 Turbo dan juga K4 Note mereka

Review by

Budz Kay

< Artikel part 4 (Samsung Galaxy J7)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Review Gadget & Teknologi

Review SmartphoneReview Camera & LensaReview Console & Portable Gaming         The Eye of RE         Review PC & LaptopReview PC & LaptopReview PC & Laptop

"In Hoc Signo Vides"
Behold The Eye of RE