REVIEWLAND.COM®

Perbandingan image quality lensa Olympus 45mm f1.8 vs. Canon EF 85mm F1.8


camera-oly45-1

Lensa Olympus 45mm F1.8 merupakan lensa wajib dan lensa legendaris di kalangan pengguna kamera micro43.
Lensa tersebut bahkan termasuk salah satu dari lensa tertajam di dunia yg sangat disegani pengguna Canon, Nikon maupun Sony.
Meskipun termasuk lensa dengan kualitas yg sangat baik, namun harganya cukup terjangkau yaitu cuma berkisar Rp.4,5juta.

camera-oly45-2

Lensa Olympus 45mm f1.8 terkenal akan ketajamannya, serta tingkat Chromatic Aberration (CA) yg rendah. Sehingga menjadikan hasil foto terlihat tajam dengan kontras yg tinggi karena bebas dari CA.

camera-oly45-4camera-oly45-3

Untuk membuktikan ketajaman lensa Olympus 45mm f1.8, maka dilakukan perbandingan dengan lensa Canon 85mm f1.8 yg juga termasuk lensa legendaris di kalangan pengguna Canon.
Harga lensa Canon 85mm f1.8 berkisar Rp.6juta, yg berarti jauh lebih mahal.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

camera-oly45canon85-test2

Dari hasil pengujian menggunakan tulisan pada lembaran koran, terlihat bahwa lensa Olympus 45mm f1.8 mampu menampilkan tulisan di koran secara lebih detail, tajam, dan sesuai warna aslinya (warna asli koran adalah kekuningan karena lusuh, bukan putih bersih).
Tulisan pada koran terlihat hitam solid dan tajam, sesuai aslinya.

camera-oly45canon85-test1crop

camera-oly45canon85-test2crop

Sedangkan hasil dari lensa Canon 85mm f1.8 menunjukkan adanya CA yg terlihat dari adanya warna keunguan disetiap tulisan koran.

Warna yg dihasilkan lensa Canon 85mm ini juga tidak natural dan terkesan kebiruan karena pengaruh adanya CA (purple fringe / halo effect) di setiap huruf di koran.
Sehingga bila diperhatikan hasil 100% Crop dari lensa Canon ini, tulisan di koran seolah berwarna ungu, dan bukan seperti aslinya yg hitam.
Selain itu warna koran juga terkesan putih/kebiruan, bukan seperti aslinya yg kuning lusuh.
Ketidak akuratan warna pada lensa Canon ini juga bisa disebabkan karena Auto White Balance yg kurang akurat dibandingkan Olympus.

 

Budz Kay

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Review Gadget & Teknologi

Review SmartphoneReview Camera & LensaReview Console & Portable Gaming         The Eye of RE         Review PC & LaptopReview PC & LaptopReview PC & Laptop

"In Hoc Signo Vides"
Behold The Eye of RE