REVIEWLAND.COM®

Review 6 PSU berkualitas dengan harga kisaran Rp.500-700 ribu : Corsair 450w, FSP 550w, Enermax 500w, Coolermaster 450w, Aerocool 550w, Deepcool 550w

1. Corsair CV450 (450watt, 80+ Bronze)

Asal Perusahaan: Amerika
Pabrik OEM yang membuat: CWT / Channel Well Technology
Harga: Rp. 725.000
Garansi: 3 Tahun (distributor resmi DTG)

Corsair merupakan salah satu merk PSU ternama yang berasal dari Amerika dan bermarkas di Fremont, California. Corsair didirikan pada tahun 1994 oleh 3 orang Amerika yaitu Andy Paul, Don Lieberman, dan John Beekley. Hingga detik ini Andy Paul masih menjadi CEO di perusahaan Amerika ini.
Corsair merupakan salah satu produk hardware kebanggaan Amerika dan dikonotasikan sebagai merk Amerika yang bergengsi layaknya merk Apple/Iphone di dunia smartphone.

Karena merk Amerika, maka bisa dimaklumi & dipastikan bahwa harga Corsair pasti Overprice seperti halnya Apple/Iphone. Oleh karena itu PSU Corsair cocok bagi orang-orang yang lebih mementingkan gengsi dan ingin dianggap kaya.

Harus diakui bahwa sekalipun dengan harga yang sama bisa didapatkan PSU merk lain yang speknya lebih unggul, namun pasti ada saja konsumen yang tetap fanatik dengan merk Corsair karena faktor kebanggaan akan merk asal Amerika ini.

Sama halnya seperti konsumen fanatik mobil Mercy tentu mengatakan bahwa lebih baik naik mobil Mercy lawas ketimbang mobil Toyota yang lebih baru & canggih, karena dia merasa naik Mercy lebih bergengsi ketimbang Toyota. Lalu ada pula ada konsumen fanatik yang mengatakan lebih baik pakai Iphone dengan spek lebih rendah ketimbang Android terbaru yang lebih canggih, karena dia merasa pakai Iphone lebih bergengsi ketimbang pakai Android.

Tipikal konsumen pemuja merk bergengsi akan selalu ada sampai dunia kiamat sekalipun, dan itulah yang membuat PSU Corsair hingga kini masih tetap berjaya sekalipun harganya kemahalan.

banner-fsp
Ikuti quiz online berhadiah dari FSP Indonesia (7 sep – 28 sep 2020) !!!!

 

Nama besar Corsair dan Garansi resmi DTG yang sangat bagus sering jadi pertimbangan konsumen

Corsair CV 450 harganya adalah yang termahal di kelasnya sekalipun sesungguhnya spek dayanya justru yang paling rendah dibanding merk lain. Meski demikian pengguna Corsair tentu akan bangga dengan merk Corsair dan jaminan garansi resminya yang juga sangat bagus.
Apalagi Corsair adalah merk Amerika, jadi sekalipun spek mungkin lebih rendah dibanding kompetitornya yang lebih murah, tapi kompetitornya tentu saja bukan merk Amerika.

Harap diingat bahwa segala produk yang merknya berasal dari Amerika memang sudah layak & sepantasnya lebih mahal. Sehingga kalau overprice harus sangat dimaklumi, karena yang beli PSU Corsair tentulah tipikal konsumen Pemuja merk, bukan Pemuja spek.
Selain itu fakta testimoni konsumen telah banyak membuktikan bahwa distributor resmi Corsair (DTG) garansinya terkenal sangat bagus pelayanannya, dan selalu sanggup melakukan replace ganti unit baru tanpa banyak cingcong dan basa basi. Jadi wajar pula jika barang dengan layanan garansi berkualitas semacam ini cenderung lebih mahal.

Tidak berdosa sekalipun kemahalan karena Corsair adalah merk Amerika

Karena Corsair  adalah merk Amerika, maka tentu saja harga yang overprice dan spek lebih rendah tidak membuatnya jadi “berdosa”. Karena memang sudah lumrah bagi sebuah merk Amerika jika kemahalan seperti itu harganya. Maka dari itu sebuah produk merk Amerika tidak bisa dikatakan berdosa kalaupun kemahalan dengan spek lebih rendah. Namun bila bukan merk Amerika,  maka tentu akan menjadi dosa jika kemahalan.

Karena sesungguhnya yang boleh & berhak dibandrol overprice walaupun speknya lebih rendah adalah hanya produk-produk Amerika saja (Iphone dan juga pesawat tempur Amerika juga begitu, overprice dibanding pesawat Rusia dan ponsel cina misalnya).
Sedangkan sebuah produk merk Taiwan, apalagi China,  tentu akan langsung divonis berdosa kalau sampai lebih mahal. Karena seperti yang telah disebutkan sebelumnya, hanya merk Amerika (dan memang cuma Amerika saja) yang boleh dan berhak untuk pasang bandrol overprice dengan spek lebih rendah.

Intinya adalah, sebuah merk Amerika tidak bisa disalahkan jika harganya kemahalan dengan spek lebih rendah, karena memang sudah Hukum nya begitu !! Yang bisa disalahkan jika kemahalan adalah produk negara selain Amerika. Karena yang Polisi Dunia adalah Amerika, dan Polisi Dunia tidak bisa disalahkan. Sebaliknya justru Polisi Dunia yang berhak mencari-cari kesalahan negara lain. Jadi baik Corsair dan Apple Iphone tidak boleh & tidak bisa disalahkan kalau jual kemahalan, karena sebagai produsen Amerika mereka tentu saja sangat boleh & sangat berhak menjual kemahalan.

Bila gadget yang anda gunakan adalah Iphone/Ipad, maka seharusnya PC anda menggunakan PSU Corsair, karena ini juga merk Amerika yang bergengsi.
Oleh karena itu seorang pengguna Iphone haruslah malu & wajib untuk malu, jika PC nya dibongkar dan kepergok kalau PSU nya ternyata bukan merk Corsair.

Walaupun merk PSU terkenal, tapi Corsair tidak pernah memproduksi PSU nya sendiri

Kita harus ingat bahwa Corsair pada awalnya adalah produsen memory dan bukan produsen PSU. Namun kemudian perusahaan Amerika ini memperluas lini bisnisnya di bidang PSU.
Sama halnya seperti di bisnis memory dimana Corsair juga tidak memproduksi chip memory melainkan cuma merancang design & tempel merk saja, begitupula di bisnis PSU mereka juga melakukan hal yang sama. Corsair sama sekali tidak memiliki pabrik chip Memory maupun produksi PSU, sehingga mereka memesan pembuatan PSU mereka ke beberapa produsen PSU yang memang betulan memiliki pabrik PSU (pabrikan OEM).
Pabrik PSU langganan Corsair antara lain : CWT / Channel Well Technology (Taiwan), Great Wall (China), Seasonic (Taiwan), HEC (Taiwan), Chicony (Taiwan), dan Flextronics (Singapore).
Dari sekian banyak pabrik PSU langganan Corsair, CWT adalah suplier utama mereka. Atau dengan kata lain, mayoritas PSU merk Corsair dibuat oleh CWT yang notabene adalah produsen OEM Taiwan yang cukup tersohor di industri PSU.

Mengapa CWT menjadi mitra utama Corsair

Salah satu alasan mengapa Corsair menjadikan CWT sebagai partner OEM utama mereka adalah karena sejak tahun 2014 tingkat RMA PSU Corsair yang dibuat oleh CWT adalah yang paling rendah.  Bahkan lebih rendah tingkat RMA nya dibanding PSU Corsair yang dibuat oleh Seasonic. Inilah yang menjadi alasan mengapa Corsair cukup puas dengan CWT dan akhirnya membaptis produsen PSU OEM asal Taiwan ini sebagai partner utama Corsair.

Sayangnya, ada beberapa tipe PSU Corsair yang dibuat oleh produsen OEM asal China yaitu Great Wall. Jadi konsumen pemuja kualitas sebaiknya waspada dengan beberapa tipe PSU Corsair yang diserahkan pembuatannya pada produsen OEM China tersebut.

Paling mahal di kelasnya meski speknya bukan yang terunggul

Corsair CV450 adalah PSU jenis single rail yang hanya memiliki total combined output 12V sebesar 432 watt saja. Oleh karena itu dibandingkan kompetitornya di kelas harga Rp.500-700ribu, PSU asal Amerika ini adalah yang termahal, namun juga yang terendah dayanya.
Meski demikian, PSU yang dayanya cuma 450 watt ini lolos uji sertifikasi 80+ Bronze, yang artinya efisiensi lebih bagus dibanding PSU 450watt sejenis yang berlogo 80+ White.

Corsair CV450 ini adalah tipe pengganti dari VS450 yang sudah diskontinyu. Jadi saat ini semua konsumen yang membeli VS450 pasti akan dikirimi CV450 dengan harga yang sama dengan produk lama.

Fisik paling kecil dibanding yang lain, cocok untuk Casing kecil

Secara fisik, Corsair CV450 memiliki panjang hanya 12,5cm sehingga mudah muat di casing mATX yang kecil sekalipun. Bagi yang bermasalah dengan ruang sisa di dalam casing, maka ukuran PSU yang lebih pendek dari standard ini bisa jadi solusi.

Meski pendek, namun Corsair CV450 tetap dibekali fan ukuran 12cm dengan jenis sleeve bearing.

Fan grillnya menyatu dengan body sehingga terkesan simpel & minimalis, namun pastinya akan menyulitkan kita bila ingin membersihkan fan dari debu karena fan grill nya jelas tidak akan bisa dilepas seperti halnya fan grill pada PSU DeepCool DN500

Bisa dipaksa meladeni 2 Videocard

Sekalipun kelasnya cuma 450watt, namun Corsair CV450 dilengkapi 2 buah konektor PCIe (6+2 pin), sehingga bisa saja dipaksa untuk meladeni 2 videocard (Crossfire/SLI/Multi GPU), asalkan konsumsi daya (TDP) nya maximum 120 watt per videocard nya, dan hanya menggunakan 6pin per videocard nya  (misal Geforce GTX 1060, GTX 1660, atau Radeon RX470).
Selain itu bila dipaksakan melayani 2 videocard, sebaiknya menggunakan prosesor yang TDP nya 65 watt saja (misal Ryzen 5), jangan yang 100 watt seperti Ryzen 7.
Perlu diketahui bahwa konfigurasi 2 videocard (multi GPU) menjadi populer semenjak era Mining Bitcoin. Selain itu konfigurasi dual videocard juga banyak juga digunakan untuk menjalankan aplikasi video editing maupun aplikasi kalkulasi (OpenCL/CUDA) yang mendukung konfigurasi Multi GPU.
Sementara itu, bila hanya menggunakan single videocard saja, maka videocard dengan TDP 250 watt (misal Geforce GTX1080 atau RTX2080 Super) juga bisa diladeni Corsair CV450.

Corsair CV450 dibekali konektor SATA sebanyak 5 buah, konektor peripheral 4-pin molex sebanyak 2 buah, dan masih dibekali 1 buah konektor FDD. Jadi pecinta peripheral & fan jadul bisa terselamatkan dengan masih adanya konektor power molex dan FDD pada PSU ini.

Sebagai PSU kelas entry level, bisa dimaklumi jika jenis kabel yang digunakan bukan modular, namun meski demikian kabel-kabelnya terbungkus (sleeved) sehingga terlihat lebih rapi, meskipun tidak serapi & sekeren tampilan PSU yang menggunakan Black Flat Cable seperti Aerocool dan Deep Cool.

Spesifikasi teknis

Rail type: Single Rail
ATX Connector : 1
Adjustable Single/Multi 12V Rail : No
ATX12V Version : v2.31
Continuous output rated temperature C : 30°C
Continuous power W : 450 Watts
Fan bearing technology : Sleeve
Fan size mm : 120mm
MTBF hours : 100,000 hours
Multi-GPU ready : No
Warranty : 3 years
80 PLUS Efficiency : Bronze
PSU Form Factor : ATX
Zero RPM Mode : No
iCUE Compatibility : No

Dimensions : 150mm x 125mm x 86mm
Intel C6C7 sleep state compatible : No
Modern Standby Compatible : No

Cable Type : Sleeved
Modular : No
EPS12V Version : v2.92
Connectors MB 20+4 Pin : 1
CPU 12V 4+4 Pin : 1
SATA : 5
Molex 4 Pin Peripheral : 2
FDD Cable 4 Pin : 1
PCI-e 6+2 Pin : 2

MODEL RPS0126
PART NO. CP-9020209
AC INPUT : 100-240V
INPUT CURRENT : 10A-5A
FREQUENCY : 47~63Hz

POWER TABLE :
+3.3V 20A 110W
+5V 20A
+12V 36A 432W
-12V 0.3A 3.6W
+5VSB 3A 15W
TOTAL POWER 450W

Pages: 1 2 3 4 5 6 7 8

One Comment to "Review 6 PSU berkualitas dengan harga kisaran Rp.500-700 ribu : Corsair 450w, FSP 550w, Enermax 500w, Coolermaster 450w, Aerocool 550w, Deepcool 550w"

  1. Rahadian says:

    Review yg lebih drpd jagat xxxxxx tanpa embel2 buzzer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Review Gadget & Teknologi

Review SmartphoneReview Camera & LensaReview Console & Portable Gaming         The Eye of RE         Review PC & LaptopReview PC & LaptopReview PC & Laptop

"In Hoc Signo Vides"
Behold The Eye of RE