REVIEWLAND.COM®

Daftar 25 merk mobil & tipe mobil terlaris di dunia selama tahun 2017. Avanza, Innova, Pajero, Fortuner ternyata cuma jago kandang. Wuling Confero malah berprestasi di kelas dunia

car-best2017-2Biro riset market otomotif ternama asal Inggris, yaitu JATO Dynamics, telah merilis daftar 25 merk mobil & tipe mobil terlaris di dunia.

JATO Dynamics yg memiliki reputasi di bidang intelijen bisnis otomotif, telah mengumpulkan seluruh data penjualan mobil di seluruh dunia dan menyusun rangking berdasar total jumlah mobil yg terjual di seluruh dunia.

 

MERK MOBIL TERLARIS DI DUNIA

Berikut ini daftar TOP25 Merk mobil terlaris selama tahun 2017, berdasar jumlah unit yg terjual di seluruh dunia (data JATO) :
1. Toyota
2. VW
3. Ford
4. Honda
5. Nissan
6. Hyundai
7. Chevrolet
8. Suzuki
9. Mercedes
10. KIA
11. Renault
12. BMW
13. Audi
14. Peugeot
15. Fiat
16. Mazda
17. Buick
18. Jeep
19. Geely
20. Skoda
21. Subaru
22. Baojun
23. Citroen
24. Vauxhaull
25. Wuling

car-best2017-1

Dari daftar tersebut terlihat bahwa Toyota bertengger di posisi puncak yang ditempel ketat oleh VW di bawahnya.
Toyota dan VW merupakan dua merk yg saling salip-salipan dari waktu ke waktu. Bila pada tahun sebelumnya VW menang tipis atas Toyota, kini Toyota unggul tipis atas VW.

Sekalipun VW tidak populer di Indonesia, namun di China & Eropa, merk VW disembah-sembah dan sangat populer. Sedangkan merk Toyota malah tidak terlalu populer di China. Ini tentu tidak mengherankan karena rakyat China cenderung memiliki dendam & kebencian terhadap Jepang, sehingga alam bawah sadarnya menuntun mereka untuk memilih mobil merk Eropa atau Amerika.

Mengingat China merupakan negara yg jumlah penjualan mobilnya #1 di dunia, maka larisnya VW di China mampu mendongkrak pamor VW sebagai merk mobil terlaris #2 di dunia.

Peringkat 10 besar terlihat didominasi oleh 4 merk Jepang, yaitu Toyota, Honda, Nissan, Suzuki.
Atau dengan kata lain, 4 merk mobil Jepang itulah yg prestasinya mendunia.

Mazda adalah merk Jepang yg kalah pamornya dibanding Toyota, Honda, Nissan, Suzuki.
Atau dengan kata lain Mazda bukanlah merk Jepang yg layak disebut “Kelas Dunia” dalam hal penjualan. Makanya jangan heran pula jika di indonesia merk Mazda juga tragis penjualannya dan sampai berganti-ganti ATPM.

Daihatsu malah tidak masuk rangking dunia sama sekali, karena merk tersebut cuma laris manis di Indonesia, alias merk jago kandang.

Mitsubishi juga tidak masuk rangking dunia sama sekali. Ini bisa dimaklumi karena Mitsubishi beberapa kali mengalami problem finansial sehingga bahkan harus menutup perusahaannya di beberapa negara, salah satunya di Amerika. 
Oleh karena itu Mitsubishi hanya bisa mengandalkan periuk nasinya dari negara tertentu seperti Indonesia misalnya.
Karena itulah prestasi penjualan Mitsubishi tidak bisa dibilang mendunia, alias jago kandang pula seperti Daihatsu.

TIPE MOBIL TERLARIS DI DUNIA

Berikut ini daftar TOP25 Tipe mobil terlaris selama tahun 2017 berdasar jumlah unit yg terjual di seluruh dunia (data JATO): 
1. Ford F-series pickup
2. Toyota Corolla
3. VW Golf
4. Nissan X-Trail
5. Honda Civic
6. Toyota RAV4
7. Honda CR-V
8. VW Tiguan
9. Honda HR-V
10. VW Passat
11. Chevrolet Silverado pickup
12. Ford Focus
13. Ford Escape
14. Dodge Ram pickup
15. Hyundai Elantra
16. Toyota Camry
17. Hyundai Tucson
18. VW Jetta
19. VW Polo
20. Wuling Hongguang/Confero
21. Suzuki Swift
22. Nissan Qashqai/Rogue sport
23. Wuling Haval/Hover H6
24. Honda Accord
25. Mercedes C-Class

Dari daftar tipe mobil terlaris terlihat bahwa mobil pickup double cabin, yaitu Ford F series, justru bertengger di posisi puncak.
Mobil jenis pickup double cabin adalah selera favorit orang Amerika, dan Amerika termasuk salah satu negara dengan penjualan mobil terbanyak di dunia. Oleh karena itu larisnya Ford F series di Amerika berhasil mendongkrak prestasi mobil ini ke posisi puncak sebagai mobil terlaris di dunia.

Sedan sekalipun kurang digemari di Indonesia, namun merupakan tipe mobil favorit di dunia. Ini terlihat dari larisnya Toyota Corolla & Honda Civic di berbagai negara.
VW Golf juga berhasil menyandang gelar sebagai hatchback terlaris di dunia, walaupun di Indonesia tidak laku karena cukup mahal harganya.

Sementara Nissan X-Trail dengan bangga menyandang gelar SUV terlaris #1 di dunia mengalahkan Honda CR-V.
Nissan X-Trail merupakan SUV paling sukses yg designnya terbukti dicintai orang seluruh dunia. Bahkan Nissan Qashqai/Rogue yg modelnya berbasis X-Trail juga masuk daftar mobil terlaris di dunia. Ini menandakan bahwa design & spek SUV seperti itulah yg dipuja-puja seluruh jagat raya.

Honda HR-V yg cukup laris di Indonesia ternyata juga sangat berprestasi di dunia. Mobil ini merupakan mobil crossover terlaris di dunia.

MOBIL TERLARIS DI DUNIA YANG ADA DIJUAL DI INDONESIA

Bagi masyarakat Indonesia yg ingin membeli tipe mobil yg memiliki prestasi global di seluruh dunia, maka sebaiknya memilih salah satu dari 13 tipe mobil berikut ini.
Inilah 13 mobil terlaris di dunia yg dijual di Indonesia, dan tentunya memiliki keunggulan universal yg diakui oleh dunia (bukan cuma mobil jago kandang yg cuma laris di negara tertentu) :

1. VW Golf (rangking 3 dunia)
2. Nissan X-Trail (rangking 4 dunia) – populer di indonesia
3. Honda Civic (rangking 5 dunia) – populer di indonesia
4. Honda CR-V (rangking 7 dunia) – laris di Indonesia
5. VW Tiguan (rangking 8 dunia)
6. Honda HR-V (rangking 9 dunia) – laris di Indonesia
7. Ford Focus (rangking 12 dunia)
8. Ford Escape (rangking 13 dunia)
9. Hyundai Tucson (rangking 17 dunia)
10. Wuling Confero (rangking 20 dunia) – laris di Indonesia
11. Suzuki Swift (rangking 21 dunia) – populer di Indonesia
12. Honda Accord (rangking 24 dunia)
13. Mercedes C-Class (rangking 25 dunia) – populer di Indonesia

Nissan X-Trail di Indonesia penjualannya kalah jauh dibanding Honda CR-V, Mitsubishi Pajero & Toyota Fortuner. Padahal secara penjualan global, Nissan X-Trail adalah SUV terlaris #1 di dunia, mengalahkan Honda CR-V. 
Sedangkan Pajero dan Fortuner malah tidak memiliki prestasi apa-apa di dunia, alias tidak masuk di daftar mobil terlaris di dunia.

Honda CR-V tidak hanya berprestasi di dunia saja, tapi juga di Indonesia. 
Sekalipun secara global, penjualan Honda CR-V masih kalah oleh Nissan X-Trail, namun di Indonesia Honda C-RV menang telak atas X-Trail karena Honda CR-V termasuk SUV terlaris di Indonesia.

Honda HR-V juga sama seperti CR-V, yaitu memiliki prestasi penjualan yg bagus di dunia maupun di Indonesia.

Secara global, penjualan Hyundai Tucson jauh diatas Mitsubishi Pajero dan Toyota Fortuner. Konyolnya, di Indonesia Hyundai Tucson malah tidak laku, justru yg berjaya malah Pajero & Fortuner yg terbukti tidak memiliki prestasi di dunia alias kurang laris secara global.

Begitupula Suzuki Swift sesungguhnya termasuk sedan hatchback terlaris di dunia, namun di Indonesia kalah pamornya oleh Toyota Yaris dan Honda Jazz, yg notabene keduanya malah tidak ada di daftar mobil terlaris di dunia.

Wuling Confero di Indonesia termasuk Low MPV terlaris rangking 6, yg tentunya kalah jauh dibanding Avanza. Namun di kelas dunia, Wuling Confero justru cukup terkenal, sementara Avanza malah tidak ada prestasinya di dunia, alias cuma jago kandang yg hanya laku di Indonesia saja.

MOBIL TERLARIS DI INDONESIA MALAH BANYAK YANG TIDAK BERPRESTASI DI KELAS DUNIA.

Bila melihat dari daftar mobil terlaris di dunia, maka kita akan menyadari bahwa banyak sekali mobil populer di Indonesia yg justru kurang laris di pasaran global.

Avanza, Innova, Ertiga, Xenia, Pajero, Fortuner, Yaris, Jazz, Brio, Agya, Calya, dll adalah tipe mobil yg di Indonesia sangat populer, sangat laris, dan sangat harum namanya. Namun di market global, mobil-mobil tersebut justru sangat tidak berprestasi alias kurang laku / kurang diminati.

Ini menandakan bahwa mobil tersebut sesungguhnya adalah mobil “Jago Kandang” yg laris di suatu negara karena strategi pemasaran regional belaka, dan bukan karena mobil itu memiliki suatu keunggulan teknis yg sifatnya universal.

Budz Kay

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Review Gadget & Teknologi

Review SmartphoneReview Camera & LensaReview Console & Portable Gaming         The Eye of RE         Review PC & LaptopReview PC & LaptopReview PC & Laptop

"In Hoc Signo Vides"
Behold The Eye of RE