REVIEWLAND.COM®

Review MicroSD 128GB pada smartphone Lenovo

gadget-msd128gblenovo

Salah satu keunggulan smartphone Lenovo dibanding merk lain seperti Samsung, Asus, Xiaomi, LG, Sony, dll adalah adanya fitur special Lenovo untuk menjadikan memory card sebagai internal storage phone.

Pengguna Samsung dan handphone merk lain seringkali mengeluhkan munculnya pesan “insufficient storage” (kehabisan memory storage) ketika menginstall aplikasi/game, padahal sudah dipasangi memory card berukuran besar. Ini paling sering terjadi ketika menginstall aplikasi game yg berukuran besar (2GB). Sekalipun sudah dilakukan pemindahan aplikasi dari internal storage ke memory card dengan fungsi “Move to SD card”, tapi tetap saja file yg berukuran besar tidak mau pindah ke memory card.

 

Aturan & Penghukuman dari Google

Hal ini disebabkan karena aturan copyright dari Android (aturan perusahaan Google) yg memang melarang utk memindahkan program inti aplikasi/game ke memory card. Aturan ini baru berlaku semenjak Google merilis OS Android KitKat. Semua vendor smartphone dipaksa mematuhi aturan ini atau diberi sanksi penghukuman berupa larangan penjualan di Amerika. Sebagai perusahaan Amerika, Google sangat boleh dan sangat berhak melakukan penghakiman & penghukuman berupa sanksi pemasaran handphone android di Amerika. Produsen smartphone yg melawan tidak mau ikut aturan Google akan diberi penghukuman ketika mencoba masuk Amerika (tapi tidak di negara lain).

Karena aturan copyright dari Google ini, akibatnya aplikasi/game hanya bisa dipindah ke internal storage saja, tapi tidak bisa ke memory card. Oleh karena itu, betapa besar kapasitas memory card yg dipasang, tetap saja problem kehabisan storage tetap menghantui. Jadi fungsi memory card akhirnya hanya bisa untuk menyimpan file video, foto, dan musik.

 

Pelanggaran Aturan

Kendala seperti ini tidak akan dialami bila anda menggunakan smartphone Lenovo, karena Lenovo adalah perusahaan yg berani “melanggar” aturan copyright Android dengan memberikan fitur yg dapat menjadikan memory card sebagai internal storage, sehingga sistem akan mengira itulah internal storagenya. Oleh karena itu kapasitas internal storage menjadi seolah unlimited tergantung seberapa besar memory card yg anda pasang.

Sebagai perusahan besar yg sebagian sahamnya dimiliki pemerintah China, Lenovo merasa sangat boleh & sangat berhak untuk melanggar aturan yg ditetapkan Google mengenai copyright yg berkaitan dengan memory card.

 

Penghakiman & Penghukuman Pelanggaran

Konsekuensi penghukuman dari Android/Google terhadap pelanggar aturan ini tentu adalah tidak bisa menjual produknya ke Amerika, tapi Lenovo tentu tidak peduli itu, karena market terbesar smartphone Lenovo adalah di Asia. Bahkan Lenovo masuk peringkat TOP 3 smartphone terlaris di China, Indonesia & India.

Karena tidak dipatuhinya aturan copyright oleh Lenovo dalam hal memory card, maka sangat sedikit tipe smartphone Lenovo yg diijinkan dipasarkan di Amerika, mungkin itupun karena deal-deal khusus sebagai kompensasi Lenovo membeli saham beberapa perusahaan Amerika.

Sementara itu Xiaomi justru lebih populer di Amerika karena mereka berusaha mematuhi aturan copyright seputar memory card. Tapi tentu keputusan ini juga berakibat masih adanya problem “insufficient storage” pada smartphone Xiaomi karena tidak ada fitur yg bisa menjadikan memory card sebagai internal storage.

Sebenarnya selain Lenovo, juga ada beberapa produsen lain asal China yg berani melanggar aturan copyright Google yg berkaitan dengan memory card. Misalnya Infinix dan Alcatel. Namun skala perusahan mereka sangat kecil dan pangsa pasarnya juga sangat terbatas. Infinix bahkan nyaris tidak terdengar selain di Hongkong dan Indonesia.

Jadi bisa dikatakan bahwa satu2nya perusahaan besar skala global yg berani melanggar aturan Google/Android hanyalah Lenovo, dan itu mungkin karena dibelakang Lenovo ada pemerintah China sebagai pemegang sahamnya. Pemerintah China tentu tidak mau jika perusahaan anak emasnya terlalu didikte dengan aturan.

Sony juga kabarnya mulai berniat melanggar aturan itu. (Mungkin Sony juga mulai tidak peduli dengan konsekuensi penghukuman di market Amerika). Tapi untuk saat ini Sony terpaksa masih mematuhi aturan Google yg berkaitan dengan pembatasan fungsi memory card.

 

PENGUJIAN

gadget-msd128gblenovo-1

MicroSDHC Class 10 merk V-Gen Turbo berkapasitas 128GB

Dari pengujian menggunakan memory card V-Gen 128GB Turbo Class 10 yg dipasangkan pada Lenovo A7000+, terlihat bahwa semua program di Lenovo A7000+ mengira bahwa memory card 128gb itulah internal storagenya. Jadi memory card 128gb kini dianggap sebagai internal storage, sedangkan internal storage aslinya yg cuma sebesar 16gb jadi dianggap sebagai sdcard secondary.

gadget-msd128gblenovo-2

MicroSD 128GB terpasang pada slot memory card di smarthone Lenovo A7000+ yg digunakan untuk pengujian

Dengan kondisi memory internal yg kini jadi 128gb, saya bisa menginstal berbagai aplikasi game yg ukurannya besar2 tanpa khawatir kehabisan memory. Game2 bagus umumnya berukuran 1GB-2GB, seperti Mortal Kombat X, Godfire, WWE Immortal, Gangstar 4, Dungeon Hunter 5, FIFA15, NOVA3, Modern Combat5, Asphalt 8, NFS Most Wanted, UFC, Grand Theft Auto, GT Racing 2, Real Racing 3, Thor, Iron Man 3, Batman, dll.

Bila anda menggunakan smartphone Samsung, ASUS, Xiaomi, Sony, dll, mustahil anda bisa menginstall sedemikian banyak game di smartphone tersebut karena internal storagenya bawaan smartphone umumnya cuma berkisar 8GB-32GB saja. Dengan asumsi anda menginstal 6 game saja sudah tidak cukup bila internal storagenya cuma 16gb, belum aplikasi lainnya. Betapa besar memory card yg dipasang tida akan bisa menambah ukuran memory internal pada smartphone tersebut.

gadget-msd128gblenovo-3

Lenovo dibekali fitur langka yg bisa menjadikan memory card sebagai memory internal. Fitur ini mustahil ada pada smartphone Samsung, ASUS, Sony, Xiaomi, LG, HTC, dll

Sedangkan dengan smartphone Lenovo yg dipasangi memory card 128gb, anda bebas mendownload dan mencoba berbagai macam aplikasi dan game yg ada di playstore tanpa kekhawatiran kehabisan memory

Satu hal yg perlu diperhatikan ketika memutuskan untuk menjadikan memory card sebagai internal storage adalah pastikan memory card yg digunakan MicroSDHC class 10. Dan untuk kompatibilitas, pastikan chip memory card yg digunakan adalah buatan Samsung.

gadget-msd128gblenovo-4

Fitur memory swap Lenovo membuat semua aplikasi akan mengira memory card yg dipasang adalah internal memory

 

gadget-msd128gblenovo-5

Koleksi berbagai  game keren berukuran besar di smartphone Lenovo A7000+.  Pengguna Samsung, Asus, dll hanya bisa bermimpi untuk merasakan kolesi game sebanyak ini pada handphone mereka

 

gadget-msd128gblenovo-6

Dengan MicroSD 128GB yang dijadikan memory internal pada Lenovo A7000+, anda tak perlu khawatir kehabisan memory internal, ketika mendownload segudang game berukuran raksasa

Salah satu merk memory card yg pasti menggunakan chip Samsung adalah V-Gen yg tipe class 10 Turbo. Itu sudah pasti menggunakan chip Samsung karena V-Gen sudah ditunjuk & diurapi langsung oleh Samsung Korea sendiri sebagai “Duta Samsung”di Indonesia untuk memory card tipe class 10/Turbo/Hyper. Jadi jangan malah membeli memory card yg merk Samsung, karena besar kemungkinan malah justru Samsung palsu (sama seperti kasus powerbank Samsung palsu, flashdisk samsung palsu, dll). Karena pemalsu sangat gemar memalsu merk Samsung. Sedangkan para pemalsu sangat takut memalsu merk VGen (sekalipun VGen merk terlaris nomer 1 di Indonesia), karena dari kasus yg sudah pernah terjadi, pemalsu merk V-Gen langsung mendapat penghakiman & penghukuman yg keras dengan cara dipermalukan & dinistakan di hadapan keluarga & koleganya, disebarkan fotonya disemua koran dan media, dan setelah itu dijebloskan penjara (masih untung tidak pakai diarak telanjang juga)

gadget-msd128gblenovo-7

Penghukuman buat pemalsu merk V-Gen: Dipermalukan wajahnya di semua media, berikut alamatnya. Sehingga pemalsu konyol ini bisa jadi bahan tertawaan orang-orang

Oleh karena itu cara paling aman untuk mendapatkan memory card dengan chip Samsung adalah membeli merk Vgen tipe class 10 Turbo. Karena pemalsu sangat takut memalsukan merk V-Gen. Selain itu garansi yg diberikan oleh V-Gen adalah “Lifetime” alias Seumur Hidup, dan memory card yg rusak langsung diganti baru tidak pakai lama” di Service Center V-Gen.
Sedangkan produk merk lain biasanya jarang bisa memberikan layanan garansi sebagus & secepat V-Gen, biasanya prosedurnya bertele-tele dan lama.

Jadi ketika anda membeli memory card V-Gen itu adalah sekali untuk selamanya, karena ketika rusak bisa ditukar lagi dengan yang baru . Maka itu pula tidak ada  istilahnya V-Gen bekas dengan harga murah di bursa barang second, karena dengan garansi seumur hidup, barang bekas yg rusak akan bisa ditukar lagi jadi baru.
Bila anda ingin upgrade kapasitas memory card cukup menjual yg lama, harga bekasnya V-Gen cukup tinggi karena barang second V-Gen tetap memiliki jaminan garansi lifetime seperti barang baru, sehingga pembelinya tidak akan memiliki kekhawatiran sekalipun itu bekas. Nilai jual kembali yg tinggi (resale value) adalah salah satu benefit yg dirasakan oleh pengguna meemory card V-Gen

review by
Budz Kay

gadget-msd128gblenovo-8

Dengan memory card 128GB, smartphone Lenovo anda tidak akan pernah kenyang untuk mendowload aplikasi dari appstore

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Review Gadget & Teknologi

Review SmartphoneReview Camera & LensaReview Console & Portable Gaming         The Eye of RE         Review PC & LaptopReview PC & LaptopReview PC & Laptop

"In Hoc Signo Vides"
Behold The Eye of RE