REVIEWLAND.COM®

Review: Beralih ke PS Vita atau tetap PSP?

gadget-psvita

Hari Penghakiman untuk PSP:

Masa jaya Sony PSP saat ini sesungguhnya telah usai, bahkan sudah memasuki masa kiamat & menemui ajalnya, karena game-game PSP sekarang ini sudah bisa dimainkan di smartphone Android dengan lancar. Oleh karena itu sebuah keputusan bodoh bila hari gini masih juga mau mengeluarkan uang untuk membeli PSP. Karena sudah merupakan fakta yg tak dapat dipungkiri lagi bahwa PSP sudah tewas dihakimi oleh Android

 

Keunggulan PS Vita dibanding Smartphone Android

Android memang memiliki segudang game gratisan yg bisa dimainkan di smartphone. Namun untuk game 3D action umumnya membutuhkan smartphone dengan spek yg mumpuni dengan harga diatas 2juta (kurang lebih setara harga PS Vita).

Namun bermain game dengan hanya mengandalkan touchscreen smartphone, tentu tidak senyaman dengan menggunakan d-pad & joystick analog.
Selain itu, keterbatasan waktu bermain yg singkat karena daya tahan batere, selalu menghantui para gamer smartphone. Durasi batre 2-3 jam sudah menjadi keterbatasan yg umum di kalangan gamer smartphone. Dan bila smartphone dijejali banyak aplikasi sosmed, bisa jadi lebih singkat lagi.

Banyak orang akhirnya tidak berani bermain terlalu lama di smartphone karena kekhawatiran batere habis dan kehilangan telpon / pesan penting.
Oleh karena itu gamer sejati tetap membutuhkan perangkat gaming portable yg lebih mumpuni, seperti PS Vita.

Sebagai perangkat gaming portable yg memang dedicated, PS Vita mampu meladeni tuannya bermain hingga 5 jam lebih. Dan jenis-jenis game action & RPG yang ada pada PS Vita sangat jauh lebih bagus daripada game smartphone.

Sebagai contoh game Mortal Kombat & Injustice di smartphone hanyalah game casual abal-abal berbasis swipe & touch. Sementara di PS Vita itu adalah game fighting betulan persis seperti di console PS3/PS4, dengan jurus-jurus combo betulan yg bisa dilakukan dengan joystick analog.

Oleh karena itu, fans game portable yg menyukai real d-pad & joystick analog, kebanyakan sudah beralih dari PSP ke PS Vita, karena banyak game keren & eksklusif yg hanya ada di PS Vita saja

gadget-psvita-1

Perbandingan ukuran PS Vita dengan Smartphone 4″ dan 6″

Keharusan game original apakah jadi kendala?

Memang Sony PS Vita hingga detik ini belum bisa di-jailbreak, sehingga anda tentu harus membeli cartridge game original yg bentuknya mirip SD card.Tapi mengingat komunitas gamer PS Vita yg cukup banyak untuk barter & jual beli, serta adanya persewaan kaset vita, membuat keharusan menggunakan game original bukanlah masalah bagi pemilik PS Vita.
Karena bentuknya berupa memory card, maka tidak rawan rusak seperti bentuk CD. Oleh karena itu jual-beli & barter kaset Vita bekas cukup marak dan tanpa dihantui resiko rusak/tergores seperti yg sering terjadi pada CD original.

gadget-psvita-6

PS Vita memiliki banyak game dan juga asesoris seperti hand grip, crystal case, dll

Fungsi lain PS Vita 

PS Vita juga bukan hanya berfungsi sebagai perangkat gaming saja, tapi juga bisa untuk browsing, facebook, twitter, instagram dll. Layarnya yg touchscreen dan bahkan dilengkapi dengan touchpad juga membuatnya lebih dari sekedar perangkat game.

gadget-psvita-8

PS Vita bisa untuk browsing internet. Dilengkapi browser multi windows. Sehingga nyaman buat berselancar di internet maupun untuk Facebook

gadget-psvita-7

PS Vita dilengkapi aplikasi Tweeter

gadget-psvita-9

Udate status di tweeter dengan keyboard touchscreen

Spesifikasi teknis PS Vita

Berikut ini keunggulan PS Vita dibandingkan PSP:
-Grafik setara PS3 / PS4
-Layar touchscreen 5″ resolusi tinggi (960×540)
-Prosesor Octacore (Quadcore ARM Cortex + Quad core PowerVR)
-Wifi / 3G
-Bisa buat online sosmed. Facebook, Browsing, chatting, dll
-Touchpad, Sensor gerak (accelerometer/gyroscope)
-Camera depan & belakang buat selfie, video, dll
-Bisa buat memainkan game PS3 dan PS4 (Remote Play)

gadget-psvita-10

Game-game terbaik di PS Vita

Hingga detik ini, Sony mnasih merilis game-game baru untuk PS Vita. Sebagian dari game yg populer di PS3 dirilis di PS Vita dengan tampilan yg sama. Jadi bisa dibilang PS Vita adalah versi mobile/portable dari console next-gen.
Dari sekian banyak game, ada game-game yang wajib dimiliki ketika anda pertama kali memiliki sebuah PS Vita.
Berikut ini adalah judul game yang wajib dimiliki tersebut:

 

Uncharted Golden Abyss

Ini adalah game eksklusif yang hanya ada di PS Vita saja. Seluruh fitur canggih yang ada pada PS Vita digunakan pada game ini, , mulai dari fitur touch screen, touch pad, sensor gerak, dll. Lihat saja langsung videonya di bawah ini…

Assassin Creed 3 Liberation

Ini adalah game Assassin Creed yg mirip seperti di PS3/PS4. Tampilan grafisnya sangat bagus, dan membuatnya dinobatkan sebagai perai Award Game terbaik di PS Vita

Killzone Mercenary

Ini adalah game First Person Shooter terbaik di PS Vita. Dengan tampilan grafis yg sangat memukau dan alur cerita yg sangat bagus, serta ditambah adanya fitur multiplayer online, membuat game ini wajib dimiliki penggemar genre FPS.
Jangan bandingkan dengan game FPS di Android, ini sangat jauh lebih bagus.


Selain dari game-game tersebut masih banyak lagi game bagus yg dirilis untuk PS Vita. Misalnya judul-judul yg populer di PS3 sepert Resident Evil Revelations 2, Dynasty Warrior 8 Extreme Legend, Street Fighter vs Tekken, Dead or Alive 5+, FIFA15, Need For Speed Most Wanted, Injustice, Mortal Kombat, Persona 4 Golden, Final Fantasy, Borderland 2, Silent Hill, God of War, Metal Gear Solid, dll.
Selain itu juga banyak game eksklusif yg hanya ada di PS Vita, misalnya game third person shooter berjudul UNIT13.

 

Kesalahan fatal calon pembeli PS Vita

Salah satu kesalahan fatal yg sering dialami orang yg mencari PS Vita adalah mereka mengira PS Vita Slim lebih bagus daripada PS Vita Fat karena PS Vita Slim keluar lebih belakangan.
Padahal sesungguhnya PS Vita Slim adalah versi “downgrade”. Penurunan yg paling fatal yaitu jenis layar PS Vita Slim tidak lagi menggunakan layar OLED, namun menggunakan layar TFT kacangan ala layar ponsel cina murahan.
Berbeda dengan OLED , layar TFT masih mengandalkan backlight, sehigngga bila anda bermain di tempat agak gelap, jelas terlihat warna hitamnya tidak pekat, tapi seolah jadi abu-abu akibat adanya bias cahaya lampu backlight

gadget-psvita-2

Sementara itu PS Vita Fat menggunakan layar OLED yg merupakan kasta tertinggi dari jenis layar LCD, sama seperti layar yg digunakan pada smartphone Samsung tipe high-end harga 5 jutaan ke atas.

Layar OLED tidak lagi menggunakan backlight, tapi tiap pixelnya memang memancarkan cahaya, sehingga warna hitamnya betul-betul hitam pekat. Pada layar OLED warna akan terlihat sangat “vivid” & cerah karena memiliki tingkat “contrast ratio” yang tinggi
Perbedaan jenis LCD inilah yang membuat tampilan layar (terutama warna, kontras, dan viewing angle) antara PS Vita Fat dan Slim ibarat surga & neraka.

Kelemahan pada jenis layar PS Vita Slim inilah yang sering membuat pemiliknya jadi bahan tertawaan  & ejekan oleh para pemilik PS Vita Fat

gadget-psvita-3

Build Quality PS Vita Fat juga terkesan lebih mahal dan eksklusif, terutama dgn adanya bezel metal yg mewah, sementara build quality PS Vita slim terlihat seperti mainan plastik PSP abal-abal buatan cina.

Keunggulan PS Vita Fat lainnya

Tidak hanya itu saja, PS Vita Fat juga ada yg dilengkapi fitur Wifi + 3G (ada slot simcard) sementara PS Vita Slim hanya tersedia versi Wifi saja. Ini tidak mengherankan, karena namanya saja versi downgrade, jelas fiturnya PS Vita Slim tidak mungkin lengkap.

Bagi kolektor barang langka, hanya PS Vita Fat yg memiliki edisi limited edition yaitu edisi Soul Sacrifice (warna merah) dan edisi Toukiden (warna putih).
Para kolektor seringkali berjuang mati-matian, bahkan hingga saling sikut & bantai, untuk memperebutkan PS Vita Fat edisi Limited edition ini.

gadget-psvita-4

gadget-psvita-5

 

Harap diingat bahwa tipe Limited Edition seperti pada foto diatas hanya ada di PS Vita tipe Fat saja. Jangan harap adanya jenis-jenis Limited Eiditon pada tipe Slim, karena sudah ditegaskan bahwa Slim itu adalah versi downgrade. Jadi jangan pernah bermimpi adanya Slim tipe Limited Edition, karena bahkan aspek vital seperti jenis layar LCD saja didowngrade, apalagi aspek penampilan.

Cukup banyak pembeli PS Vita Slim yg tidak tahu akan perbedaannya dengan PS Vita Fat, dan setelah tahu biasanya mereka menangis histeris menyesali keputusannya…

Review by:
Budz Kay gadget-psvita-11

 

10 Comments to "Review: Beralih ke PS Vita atau tetap PSP?"

  1. Dion says:

    Nice article, pic nya juga provocative as always hahaha..

    Infokomplit berarti sudah balik jadi reviewland lagi yah?

    Ditunggu artikel selanjutnya, maybe seputar smartphone (dulu kan era smartphone masih belum se kenceng sekarang)

  2. budzkay says:

    Oke, thx. Habis gini banyak artikel smartphone

  3. tito says:

    kalo bisa tambahin review netbook om bud, keep update

  4. BlackHawk says:

    wah gak nyangka ternyata reviewland hidup lagi. kayaknya kemarin dulu artikel terakhir tahun 2009. saya selalu ngakak kalo baca gaya bahasa review nya. sedih jg bertahun2 kok reviewland gak update lg.
    ditunggu review2 vga card nya lg. amd vs nvidia. jgn lupa foto2 editan yg lucu2 jg. hahahah

  5. bagus dwi n says:

    anjir , keren kak review-nya , ampir aja gua beli yg slim. tnkyu reviews nya membantu salam..

    • budzkay says:

      Salam kenal juga & thanks.

      Beberapa produk sony memang seringkali malah ada downgrade spek di revisi terbarunya.
      Contohnya di PS Vita Slim itu, dan juga di PS4 Slim

  6. Angga Saputra says:

    Min, ane pingin nostalgia lagi nih sama review yg tahun 2000an kebelakang, ane pingin baca review yg dulu dulu. dari mulai review game, hardware pc, handphone dsb. entah kenapa review itu bereksan banget. apalagi artikel yg pernah ngebahas seputar perlawanan antara ati dan nvidia dulu, beuh seru abis. ga bosen bosen dh bacanya. walaupun sempet sedih jg reviewland harus smpet ga aktif. kalo bisa di munculin lagi min artikel yg dulu dulu. tapi memang kayanya sih udh ga mungkin, karena reviewland skarang udh bangkit dan berbenah dengan tampilan dan artikel yg baru. semoga tetap menyajikan bahasan yg seru dan tetap pada jati diri reviewland yg antimainstream ya min.

    • budzkay says:

      Terimakasih masukannya,
      Memang cukup banyak permintaan untuk menampilkan artikel lama Reviewland.
      Untuk artikel lama handphone sudah bisa di akses di bagian “Kompilasi artikel handphone tahun 2000, 2003, dll”
      Sedang untuk artikel hardware PC sedang kita upayakan agar bisa juga ditampilkan dengan tampilan interface yg baru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Review Gadget & Teknologi

Review SmartphoneReview Camera & LensaReview Console & Portable Gaming         The Eye of RE         Review PC & LaptopReview PC & LaptopReview PC & Laptop

"In Hoc Signo Vides"
Behold The Eye of RE