REVIEWLAND.COM®

Review Lenovo S930 : Pembunuh Samsung Galaxy Mega

smartphone-lenovos930

Setelah sekian lama Samsung Galaxy Mega 5.8″ dan 6.3″ berkeliaran di pasaran, Lenovo akhirnya mengutus algojo dengan tubuh seukuran Galaxy Mega untuk melakukan eksekusi dan penghukuman mati bagi smartphone Samsung bertubuh bongsor tersebut.

smartphone-lenovos930-5

Layar 6″ terasa lega & nikmat untuk berbagai aktifitas seperti game, movie, dan sosmed

smartphone-lenovos930-4

Sekalipun layarnya besar, tapi fisiknya tipis dan ringan, sehingga cukup nyaman ketika dipegang

Karena Lenovo S930 dilahirkan & diciptakan untuk membunuh Samsung Galaxy Mega, maka secara fitur sudah jelas lebih unggul ketimbang smartphone bongsor Samsung tersebut, tapi dengan harga lebih murah, yaitu cuma berkisar Rp.1,8 juta. Harganya jauh lebih murah ketimbang Samsung Galaxy Mega yg masih diatas Rp. 2juta

Berikut ini akan saya review mengenai plus-minus nya Lenovo S930 berikut ini.

Plusnya dulu:
1. Layar 6″ terasa lega dan nyaman, beberapa game interface tampilannya beda kalo di layar besar (misal: Hay Day)
2. Sudah quadcore. Jadi speknya diatas Galaxy Mega yg harganya jauh lebih mahal tapi lebih rendah speknya (Galaxy mega prosesor masih Dual-core)
3. Layarnya menggunakan panel IPS dengan resolusi 1280×720. Berarti spek layarnya diatas Galaxy Mega yg masih menggunakan layar panel TFT biasa. Bahkan Galaxy Mega 5.8″ tampilan layarnya jelek karena resolusinya rendah)

4. Ada FM radio. Jarang ada phablet yg dilengkapi radio. Bahkan Samsung tidak mampu menghadirkan FM Radio di Galaxy Mega. Radio sangat penting krn info ttg banjir/macet/lagu baru justru lebih sering dari Radio
5. Dual on dengan Mini SIM (ukuran standard), jadi tidak perlu repot-repot potong simcard dan memudahkan kita ganti simcard antar berbagai handphone. Galaxy Mega/Note2/S4 pakai micro-sim jadi amat sangat merepotkan bila kita harus ganti2 puluhan simcard yg semuanya harus dipotong jadi kecil satu persatu. Walaupun ada sim cutter, tapi tetap saja merepotkan. Jadi Lenovo S930 ini sangat cocok bagi pengguna kartu perdana internet murah sistem pakai buang (alias “perdana peluru”)

smartphone-lenovos930-6

smartphone-lenovos930-7

Back case terlihat mewah dengan kombinasi bezel chrome dan plastik yg menyerupai metal

smartphone-lenovos930-8

Lenovo memiliki fitur unik yg membuat memory card bisa menjadi internal memory, sehingga anda tak akan pernah kehabisan memory untuk menginstall banyak aplikasi

6. Bisa install aplikasi ke memory card. Banyak gadget yg tidak bisa install ke memory card (contoh: galaxy note2, tab2 hanya bisa install aplikasi ke internal storage saja)
7. Batrenya removable. Jadi anda tidak perlu khawatir batre kembung, karena tinggal beli lagi dgn mudah, dan memungkinkan berbagai opsi batre high capacity di kemudian hari. Handphone yg batrenya tanam (misal Lenovo P780, HTC One S, Iphone) akan merepotkan ketika batrenya mulai bermasalah, karena proses penggantiannya akan lebih rumit & mahal. Jadi sebisa mungkin hindari semua gadget dengan batre tanam.

8. Speaker stereo dengan Dolby DTS. Speaker stereo yg posisinya menghadap depan di kanan kiri (kalau posisi landscape) semakin membuat efek stereo/surround makin terasa ketika dipakai nonton movie
9. Kameranya menggunakan lensa dengan aperture diafragma F2. ini artinya kemampuannya untuk memotret dalam kondisi low light akan lebih baik.
10. User interfacenya menggunakan UI ala iPhone. Jadi tidak menggunakan App drawer standard Android yg ribet pemakaiannya. Jadi semua aplikasi yg terinstall akan langsung ditampilkan di homescreen yg terdiri dari beberapa halaman, tidak disembunyikan di drawer yg umumnya malah membikin bingung pengguna.  Smartphone Android yg menggunakan UI bawaan ala iPhone hanya Lenovo dan Xiaomi.
11. Build qualitynya terlihat mewah dan elegan. Dengan bezel chrome dan back case dari materi seperti metal. Untuk sebuah handphone dengan harga dibawah 2 juta, S930 memiliki tampilan yg mewah ala hanphone 4 juta keatas

smartphone-lenovos930-2

Secara teori, baterenya mampu bertahan standby selama 45 jam. Bila jarang disentuh tentunya

Minusnya:
1. Tombol capacitive tidak ada backlightnya. Ini kelemahan yg amat sangat FATAL sekali, karena ketika gelap kita harus meraba2 seperti orang buta karena tidak keliatan mana yg tombol home/back/menu.
2. Tidak suppot USB OTG, jadi tidak bisa menancapkan flashdisk ke S930. Ini sangat fatal karena banyak moment-moment tukar menukar koleksi film bersama teman jadi terlewatkan. Disaat teman-teman yg lain bersenang-senang sharing file di flashdisk. Anda hanya bisa termanggu penuh kekecewaan karena flashdisknya tidak bisa ditancapkan di handhone. Memang tidak banyak handphone yg support USB OTG, tapi cukup disayangkan Lenovo S930 tidak bisa krn Lenovo P780 / Galaxy S3 saja bisa USB OTG
3. Tidak bisa dijadikan Powerbank. ini juga fatal karena seharusnya handphone bisa dijadikan powerbank untuk mencharge hape lain. Sayang sekali S930 tidak bisa, padahal Lenovo P780 yg lebih murah saja bisa jadi powerbank. Biasanya orang yg pakai android juga pakai blackberry yg terkenal boros batre. Jadi idealnya hape androidnya harus bisa berfungsi sebagai powerbank supaya bisa mencharga blackberrynya yg kehabisan batre.
4. Walaupun kapasitas batrenya 3000mAH tapi masih terasa kurang daya tahannya. Karena Lenovo P780 yg layarnya lebih kecil saja batrenya 4000mAH.
Dengan pemakaian intensif, browsing,main game hayday, castle clash, robocop, hungry shark evolution 3d, sambil sesekali download file movie di jaringan 3G, BBM nyala dan grup aktif, Lenovo S930 cuma bisa bertahan sekitar 6 jam saja. Namun bila pemakaiannya normal, tentu masih bisa diajak menemani hingga kisaran 7-8 jam.
Paling tidak Lenovo S930 masih lebih irit batre ketimbang Asus Zenfone 6 yg terkenal panas & boros
.
5. Hanya Slot SIM1 saja yang supprt 3G, sedangkan slot SIM2 hanya bisa 2G. Ini membuat anda harus memindahkan kartu bila ingin menikmati internet 3G pada simcard kedua
6. RAM 1GB membuat anda harus rajin clear memory bila menggunakan aplikasi yg boros memory seperti BBM group. Galaxy Mega memiliki RAM lebih besar yaitu 1.5GB, tapi karena interface Samsung boros memory, akhirnya dalam prakteknya tidak jauh berbeda, bahkan lebih parah karena prosesor Galaxy Mega yg lebih lemot. Asus Zenfone6 menawarkan RAM 2GB, tapi sayangnya dengan Zenfon 6 anda akan dirundung masalah panas (overheat) dan batre yg boros, serta problem kompatibilitas aplikasi.

7. Radionya baru bisa dipakai kalau headset dipasang. Ini sesuatu yg mengecewakan karena tipe Lenovo yg lebih murah saja (misal P770) bisa utk mendengarkan radio tanpa headset. masak yg 3 jutaan malah ga bisa? Kelemahan ini bahkan bisa dibilang anomali, karena dengan bagusnya kualitas suara speaker S930 yg stereo itu akan membuat kita jarang membawa headset lagi, dan ketika mau mendengarkan berita radio yg penting jadi kelabakan karena ternyata memerlukan headset.

 

Penampilan Fisik
Ini penampakan fisik S930 kalau dipegang di tangan. S930 cukup nyaman dipegang 1 tangan kalau lagi santai . Layarnya besar, tapi ramping, jadi tidak seperti layar Galaxy Note 1 yg cuma 5.5″ tapi tidak enak dipegang karena tidak ramping.

smartphone-lenovos930-1

Tampilan fisik Lenovo S930 dalam genggaman tangan

Tapi layar 6″ S930 masih agak kebesaran & merepotkan kalau untuk dipakai BBM-an sambil nyetir. Bagi yg sering BBMan sambil nyetir, ukuran layar 5″ adalah batas aman maximum, dan idealnya paling aman layar 4.5″ (seukuran iphone). Meski demikian hape paling ideal utk BBMan sambil nyetir masih tetap BB Torch 1/2 (ramping, layar besar, qwerty)

 
 Benchmark

Hasil benchmark Antutu kurang terlalu memuaskan, yaitu cuma berkisar 17 ribuan saja. Begitu pula hasil benchmark 3d Epic Citadel cuma berkisar 45fps.
Sekalipun 45fps ini menandakan sudah lancar jaya untuk menjalankan game-game terbaru, tapi scorenya masih dibawah LG Optimus G2, Galaxy S4 Active, dan gadget sejenis dengan chip grafis Adreno 320 yg bisa menghasilkan score benchmark Epic Citadel di kisaran 55fps.

smartphone-lenovos930-3
Ini karena Lenovo S930 cuma menggunakan chip grafis Mali400MP yg memberikan kinerja yg hampir sama dengan Galaxy Note 2 yg juga pakai Mali400MP.
Mali400MP kasta-nya masih dibawah Adreno 320 yg notabene dibuat oleh produsen chip grafis AMD/ATI Radeon.

 

 

Pengujian Lenovo S930 dengan Memory Card 64GB

Biasanya banyak cerita seram seputar kompatibilitas memorycard 64gb di banyak smartphone. Saya sendiri pernah mengalami di Samsung S4, memorycard 64gb sering mendadak corrupt (file hilang) / unmount sendiri setelah pemakaian beberapa hari. Saya google ternyata banyak kasus seperti itu terutama Sandisk 64gb. karena Sandisk sendiri menyatakan produk 64gb mereka cacat.

smartphone-lenovos930-9

Dengan memory card 64GB, Lenovo S930 cocok buat yang doyan mengkoleksi banyak game berukuran besar tanpa khawatir kehabisan memory internal. Sesuatu yg mustahil bisa dirasakan pengguna Samsung, Asus, Xiaomi, dll

Dari pengalaman itu saya mencoba memorycard 64gb merk selain Sandisk untuk dicoba di Lenovo S930. Semula saya agak pesimis karena 90% info di google menyatakan bahwa memorycard 64gb merk apapun akan sering bermasalah di smartphone.
Tapi mau tidak mau saya harus mencobanya karena memorycard 32gb sangat tidak cukup untuk menampung game-game Android yg bagus-bagus.
Game bagus seperti GTA 3, Batman Dark Knight, Gangstar Vegas, Modern Combat 5, NFS Most Wanted, Bladeslinger, GT Racing 2, Asphalt 8, dll, ukurannya banyak yg mencapai 2GB/game, jadi semisal kita menginstall 20 game saja sudah butuh ukuran 40gb yg artinya tidak dapat ditampung oleh memorycard 32gb. Belum lagi koleksi movie. Maka jelas memorycard 64gb adalah suatu Keharusan yang tak dapat ditolak lagi.

Akhirnya saya memutuskan untuk membeli memorycard V-Gen 64gb class 10 Turbo dan mencobanya di Lenovo S930.

Setelah uji pemakaian 2 bulan, sampai sekarang semuanya masih lancar jaya, tanpa ada masalah corrupt/unmount. Biasanya kalau bermasalah pasti akan muncul hanya dalam beberapa hari.
Masalah yg timbul hanyalah: Saya mulai kehabisan storage lagi karena memorycard 64gb saya sudah penuh terisi game lagi. Padahal masih banyak game bagus di Playstore yang belum di-install dan masih banyak movie yg belum dimasukkan ke S930.

Berikut ini beberapa game yg sudah saya install di Lenovo S930 dengan memorycard 64gb, semua saya mainkan sekalian utk menguji memorycard 64gb:
smartphone-lenovos930-10

smartphone-lenovos930-11

smartphone-lenovos930-12

Dari hasil test pemakaian selama 2 bulan, bisa dikatakan Lenovo S930 termasuk smartphone langka yg terbukti kompatibel dengan memorycard 64gb.

Kesimpulan
Bisa dikatakan bahwa Lenovo S930 adalah smarphone/phablet 6″ dengan harga murah namun fitur multimedia mewah. Build qualitynya pun terkesan seperti handphone kelas atas.
Harganya berkisar di 1,8juta dan tidak ada pesaingnya yg berukuran 6″ di harga tersebut. Samsung Galaxy Mega harganya diatas 2 juta dan Asus Zenfone 6 bahkan nyaris mendekati 3 juta.
Banyak fitur unik pada Lenovo S930 yg tidak ada pada smartphone lain, salah satunya adalah Dual Stereo Speaker Dolby DTS yg posisinya menghadap ke depan dan suaranya menggelegar, fitur speaker semacam ini hanya ada pada smartphone HTC One Maxx yg harganya 7 juta.
Selain itu fitur unik Lenovo untuk menjadikan memory card sebagai internal memory membuat pengguna Samsung maupun Asus cuma bisa ngiler.
Dengan harga cuma berkisar 1,8 juta, Lenovo S930 jelas  merupakan algojo yg telah membuat Samsung Galaxy Mega menyandang gelar almarhum

 

Review by
Budz Kay

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Review Gadget & Teknologi

Review SmartphoneReview Camera & LensaReview Console & Portable Gaming         The Eye of RE         Review PC & LaptopReview PC & LaptopReview PC & Laptop

"In Hoc Signo Vides"
Behold The Eye of RE