REVIEWLAND.COM®

TOP 5 Merk Smartphone & TOP 10 Tipe Smartphone Terlaris di Dunia (tahun 2017)

Bagi anda-anda sekalian yg bingung menentukan smartphone merk apa dan tipe apa yg sebaiknya dibeli, berikut ini hasil survey merk smartphone terpopuler & tipe smartphone terlaris, yg dilakukan oleh 2 lembaga riset market ternama yaitu Gartner & Counterpoint

Gartner & Counterpoint merupakan lembaga riset market terpercaya yg menjadi kiblat para produsen smartphone.
Data-data statistik yg disabdakan oleh Gartner & Counterpoint adalah ayat-ayat emas yg sudah layak dan sepantasnya dijadikan tuntunan yg wajib hukumnya dipercaya oleh produsen maupun konsumen.

 

TOP 5 Merk smartphone terlaris di dunia

Gartner telah mengumpulkan data penjualan merk smartphone terlaris di dunia hingga kuartal ke 3 tahun 2017 dan berikut ini datanya:

1. Samsung (85,6 juta unit) 22,3% marketshare
2. Apple (45,4 juta unit) 11.9% marketshare
3. Huawei (36,5 juta unit) 9,5% marketshare
4. Oppo (29,4 juta unit) 7,7% marketshare
5. Xiaomi (26,8 juta unit) 7,0% marketshare
6. Merk lainnya (159,5 juta unit) 41,6% marketshare

smartphone-top2017-brand

Samsung dari tahun ke tahun ternyata masih saja bertengger di puncak singgasana sambil mereguk anggur kemenangan dan mentertawakan merk-merk kelas teri yg memungut remah-remah makanan yg tercecer dari mulut sang raja.

Sekalipun penjualan Samsung di negara China kian jeblok akibat serangan dari merk lokal, namun kondisi pasar negara China yg notabene negara komunis ternyata tidak sama dengan kondisi pasar di negara-negara lain di dunia yg masih memuja-muja Samsung.
Secara global, Samsung terbukti masih menjadi rajanya smartphone dengan penguasaan marketshare 22,3%, naik dari tahun sebelumnya yg cuma 19,3%.

Menurut Anshul Gupta, Research Director Gartner, penjualan Samsung terdorong berkat kesuksesan Samsung Galaxy S8, S8+ dan Note 8 yang membantunya bisa bersaing dengan merk asal China, serta memberikan kinerja yang solid di kuartal tahun 2017 ini.

Apple yg merupakan merk kebanggaan Amerika juga masih kuat bertengger di posisi kedua.

Apple pada tahun 2017 ini menguasai marketshare sebesar 11,9% yg berarti agak stagnan perkembangannya karena hanya beda tipis dari tahun sebelumnya yg berada di angka 11,6%.

Sepertinya kehadiran Iphone 7 tidak mampu mendongkrak marketshare Apple ke angka yg jauh lebih tinggi dibanding tahun sebelumnya.

Tidak adanya peningkatan marketshare menandakan Apple gagal menjaring pengikut baru, sehingga pengguna Iphone 7 yg laris itu tidak lain hanyalah pengguna Iphone seri sebelumnya yg upgrade, dan bukan pengguna Android yg murtad pindah ke agama Apple.

Kegagalan Apple menambah jumlah umatnya bisa disebabkan karena konsumen mulai bosan dengan inovasi Iphone yang itu-itu saja, atau bisa juga akibat harganya yg overprice sehingga konsumen melirik merk lain yg lebih terjangkau.

Di posisi ketiga ada merk asal China yaitu Huawei. Produsen dari negeri tirai bambu ini mampu menempati peringkat #3 berkat penjualannya yang sangat laris di China, terutama di kelas low-end. Huawei sepertinya lebih fokus di penjualan smartphone kelas low-end yg dijual ke instansi/perusahaan, sebagai contoh adalah smartphone Huawei yg dulu dibundling untuk pengendara Gojek, dan Huawei edisi Kentucky Fried Chicken yg dijual di China.

Market share Huawei juga mengalami peningkatan di tahun 2017 ini. Bila pada tahun sebelumnya 8,7%, kini naik jadi 9,5%.

Posisi ke 4 ditempati Oppo yg sukses memposisikan brandingnya sebagai Selfie Phone.

Kepiawaian Oppo dalam menangkap selera konsumen wanita yg mayoritas doyan selfie, berbuah kesuksesan yg menghantar merk China ini ke posisi yg cukup bergengsi.

Munculnya berbagai tipe baru seperti Oppo F5 dan kesuksesan Oppo R11 dan A57 berhasil mendongkrak market share Oppo yg tahun lalu 6,6% menjadi 7,7% pada tahun 2017 ini.

Posisi ke 5 ditempati Xiaomi yg merupakan merk China paling fenomenal kebanggaan negeri komunis tersebut.

Di tahun 2017 Xiaomi mengalami peningkatan penjualan yg amat sangat besar terutama di luar China.

Kesuksesan Redmi Note 4x di pasar global bahkan berhasil mendongkrak market share Xiaomi hingga nyaris 2X lipat dibanding tahun sebelumnya. Dari semula cuma 4,0% melejit drastis menjadi 7,0%

Sepertinya penggunaan nama “Xiaomi” yg merupakan semboyan Partai Komunis China, telah membawa keberuntungan bagi produsen China ini di kelas dunia.

 

TOP 10 Tipe smartphone terlaris di dunia

Counterpoint telah mengumpulkan data penjualan tipe smartphone terlaris di dunia hingga kuartal ke 3 tahun 2017 dan berikut ini datanya:

1. Apple Iphone 7
2. Apple Iphone 7 Plus
3. Oppo R11
4. Oppo A57
5. Samsung Galaxy S8
6. Xiaomi Redmi Note 4x
7. Samsung Galaxy S8 Plus
8. Apple Iphone 6
9. Samsung Galaxy J7 Prime
10. Samsung Galaxy A5 2017

smartphone-top2017-type

Iphone 7 boleh berbangga ditahun 2017 ini karena mampu membuktikan dirinya sebagai tipe smartphone terlaris di muka bumi ini. Tidak tanggung-tanggung posisi pertama dan kedua diborong oleh 2 jenis varian Iphone 7 ini.
Segenap rakyat Amerika boleh berbangga karena smartphone junjungannya menjadi juara dunia

Oppo R11 dan A57 juga mampu menyabet gelar terlaris di peringkat 3 dan 4.
Ucapan terimakasih sebesar-besarnya tentu harus diberikan kepada wahai kaum wanita yg doyan selfie.
Nampaknya Oppo seri F tidak masuk rangking karena harganya yg mahal membuatnya tidak bisa menyabet gelar “Smartphone Sejuta Wanita” yg umumnya disandang smartphone yg bandrol harganya terjangkau.

Sekalipun Samsung menyabet merk terlaris nomer 1, namun berdasar tipe, ternyata produk terlarisnya yaitu Galaxy S8 & S8 Plus hanya bisa menyabet peringkat 5 & 7 saja.
Lucunya, kedua smartphone high-end Samsung ini malah lebih laris ketimbang Galaxy J7 Prime & A5 yg harganya jauh lebih murah. Ini karena di segmen menengah bawah, Samsung mendapat kompetisi yg sengit dari banyak merk China. Sementara di segmen atas, Samsung nyaris mendominasi tanpa perlawanan berarti (saingan utamanya hanya Iphone)

Xiaomi Redmi Note 4x merupakan salah satu smartphone yg sangat sukses penjualannya di dunia, berkat keseimbangan antara kinerja & daya tahan batre yg amat sangat baik.
Bahkan angka penjualan Redmi Note 4x mampu mempermalukan smartphone andalan Samsung di kelas menengah yaitu Galaxy J7 Prime dan Galaxy A5 2017

Kesuksesan ini membuat smartphone berslogan partai “Palu Arit” ini mampu bertengger di peringkat #6 terlaris di muka bumi.

Huawei sekalipun merupakan merk terlaris #3 di dunia, namun tidak ada satupun tipe produknya yg berhasil masuk daftar TOP 10 terlaris. Ini menandakan jumlah varian produk Huawei terlalu banyak sehingga tidak ada 1 tipe yg benar-benar sangat tinggi penjualannya. Penjualan total Huawei yg banyak tersebut terdistribusi ke banyak tipe. Jadi berbeda dengan Apple yg varian produknya sangat sedikit sehinga cukup mudah untuk satu tipe produknya menjadi yg terlaris.

 

Hukuman bagi kaum yang tidak percaya

Dari hasil riset Gartner & Counterpoint tersebut, konsumen kini bisa memiliki pedoman fatwa sahih yg telah disabdakan oleh kedua lembaga riset terpercaya ini.

Jadi barangsiapa membeli smartphone diluar kedua daftar diatas, maka dia patut diseret ke ruang interogasi untuk ditanya alasannya.

Karena sesungguhnya barangsiapa yang tidak mendengar panduan & tuntunan yang telah disabdakan, maka dia termasuk golongan kaum yang tersesat.

Dan kepadanya akan ditimpakan tulah & azab yg pedih berupa kesulitan menjual smartphonenya ketika sudah tiba saatnya untuk dijual.

Sebab sesungguhnya apapun smartphone yang engkau beli, nantinya akan tiba suatu masa dimana engkau akan menjualnya.
Dan saat itulah engkau akan menyadari betapa durjana & tersesatnya engkau bila tidak mengikuti kedua tuntunan yang telah diwahyukan ini.

Budz Kay
REVIEWLAND.COM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Review Gadget & Teknologi

Review SmartphoneReview Camera & LensaReview Console & Portable Gaming         The Eye of RE         Review PC & LaptopReview PC & LaptopReview PC & Laptop

"In Hoc Signo Vides"
Behold The Eye of RE