REVIEWLAND.COM®

Review lensa Panasonic 20mm F1.7

camera-panasonic20-1

camera-panasonic20-5Banyak pengguna DSLR Canon yg membeli lensa Canon 24mm F2.8 IS seharga Rp.9juta-an untuk mendapatkan lensa wide berdiafragma besar yg mumpuni untuk low light

Padahal sesungguhnya, dengan budget 9 juta mereka bisa membeli kamera kedua, yaitu Olympus OMD EM5 yg dikombinasikan dengan lensa 20mm terbaik di dunia yaitu Panasonic Lumix 20mm F1.7, yg hingga detik ini masih menyandang gelar paling terhormat di platform mirrorless

Hasil dari lensa Panasonic 20mm F1.7 jelas akan lebih bagus daripada Canon 24mm F2.8 IS, dan anda juga akan memiliki 2 kamera (Canon & Olympus) sehingga tidak perlu panik ganti-ganti lensa seperti yg kerap dialami fotografer yg cuma punya 1 kamera.

camera-panasonic20-4

Lensa Panasonic 20mm F1.7 harganya cuma berkisar 4 juta, dan merupakan salah satu yg terbaik di dunia. Hebatnya lagi ukurannya kecil dan tipis (pancake)

Ketika harga sebuah lensa sama dengan harga sebuah sistem yg komplit (body+lensa) yg justru mampu menghasilkan kualitas lebih baik, maka anda sudah dapat menyimpulkan sendiri mana yg lebih baik dibeli

Menganut 2 “agama” sekaligus (Canon DSLR & Olympus mirrorless) juga akan membuka cakrawala anda lebih luas, dan membuat anda terhindar dari fanatisme suatu merk/system

camera-panasonic20-2

Karena ukurannya pancake (tipis), maka menjadikan camera mudah dimasukkan kantong dan gampang diajak jalan-jalan untuk street photography

Test foto low light “Ferris Wheel”

Olympus OMD EM5 & lensa Panasonic 20mm F1.7
Handheld (no tripod), Available light (no flash)
Lokasi: Food Junction Surabaya

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Dengan diafragma F1.7, shutter speed yg didapat 1/50 sehingga masih cukup untuk memfreeze pergerakan orang-orang di lokasi, dan ISO nya pun cuma 1600 yg relatif minim noise.

Dari hasil 100% crop terlihat tulisan “peraturan pengunjung” dan “Ferris Wheel” juga masih terlihat detail & tajam sekalipun komposisinya mendekati pinggir frame dan menggunakan diafragma f1.7. Tanpa adanya indikasi blur ataupun Chromatic Aberration yg parah.

camera-panasonic20-lowlight1crop

Ada sedikit efek lens flare bila frontal dengan sumber cahaya terang, tapi tetap tidak mengurangi kontras warna, dan justru bisa menambah nilai artistik bila dikomposisi dengan baik.
Kontras warna yg terjaga menandakan adanya Anti-Reflective coating yg bagus pada lensa ini.

 

Test foto low light “Kitchen Magic”

Olympus OMD EM5 & lensa Panasonic 20mm F1.7
Handheld (no tripod), Available light (no flash)
Lokasi: Food Junction Surabaya

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Dengan diafragma F1.7, shutter speed yg didapat 1/50 sehingga masih cukup utk memfreeze pergerakan orang-orang di lokasi, dan ISO nya pun cuma 1600 yg relatif minim noise.

Dari hasil 100% crop terlihat tulisan “Kitchen Magic” di kaca restoran juga masih terlihat detail & tajam sekalipun menggunakan diafragma f1.7. Tanpa adanya indikasi blur ataupun Chromatic Aberration yg parah.

camera-panasonic20-lowlight2crop

 

Lensa yang juga cocok untuk Selfie

Salah satu kegunaan lensa wide adalah bisa digunakan untuk selfie.
Beberapa kamera Micro Fourthird memiliki layar LCD yang dapat diputar 180 derajat sehingga bisa digunakan untuk melakukan foto selfie (misal Olympus EPL5/6/7, Panasonic GX8, dll) .

Dengan layar LCD yg bisa diputar balik tersebut, anda bisa melihat wajah anda ketika melakukan komposisi selfie.
Tapi tentunya dibutuhkan lensa wide dengan focal length 20mm ke bawah untuk bisa memotret selfie dengan kamera dipegang di tangan.

Panasonic 20mm F1.7 tentu sangat ideal focal length-nya untuk selfie, apalagi diafragma nya juga besar (F1.7) sehingga akan mampu menghasilkan bokeh yang smooth.
Berikut ini contoh foto selfie yang dihasilkan Panasonic 20mm F1.7, menggunakan kamera Olympus EPL6

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

 

HASIL FOTO PENGUJIAN (11 foto) 

Berikut ini contoh foto pengujian untuk memotret model

Lensa Panasonic Lumix 20mm F1.7 dengan body Olympus & Panasonic
Handheld (no tripod), Available light (no flash)

Note: gunakan tombol navigasi kanan/kiri untuk berpindah foto, atau swipe kanan/kiri di foto (bila menggunakan smartphone) 

 

Kesimpulan

Tidak dapat dipungkiri bahwa lensa Panasonic 20mm f1.7 adalah lensa wide terbaik dan termurah dengan diafragma besar. Lensa ini sudah tersohor sejak lama dan dinobatkan sebagai lensa legendaris yg wajib hukumnya untuk dimiliki oleh setiap fotografer.

Lensa wide dengan kualitas bagus seperti ini umumnya harus ditebus dengan harga mahal di platform Canon, Nikon, maupun Sony.
Oleh karena itu sekalipun anda pengguna body Canon/Nikon/Sony, maka lebih baik anda membeli lensa Panasonic 20mm f1.7 berikut body camera Micro43 yg harganya berkisar Rp.5juta. Sebab kalaupun ditotal harganya tidak beda jauh dengan membeli lensa Canon/Nikon/Sony sekelasnya yg umumnya berkisar Rp.9 juta hanya untuk lensanya saja.

 

Review & Photography test by

Budz Kay

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Review Gadget & Teknologi

Review SmartphoneReview Camera & LensaReview Console & Portable Gaming         The Eye of RE         Review PC & LaptopReview PC & LaptopReview PC & Laptop

"In Hoc Signo Vides"
Behold The Eye of RE